Di masa pandemi yang akhirnya tidak menentu ini, peluang usaha rumahan sangat menjanjikan di tahun 2022. Selain dapat dilakukan dirumah, modal yang diperlukan tidak banyak.

Usaha rumahan kerap dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari ibu rumah tangga, pegawai kantoran hingga mahasiswa dapat menjalankannya.

Bisa saja usaha rumahan yang anda tekuni memiliki peluang yang menjanjikan dan mendapat keuntungan yang besar. Nah, untuk itu Chatat telah merangkum beberapa ide peluang usaha rumahan hanya untuk anda!

1. Berjualan Makanan atau Camilan

Jualan Makanan dan Camilan

Seperti yang pasti sudah kita ketahui, manusia membutuhkan makanan setiap waktu untuk hidup. Apalagi ditambah orang Indonesia senang sekali dengan camilan. Menjadikan usaha ini sangat berpeluang untuk dilakukan.

Terutama bagi anda yang hobi memasak. Bersyukurlah, karena Hobi anda dapat diubah menjadi keuntungan.

Sudah terbukti banyak usaha di bidang makanan yang bisa meraup keuntungan banyak. Apalagi di jaman media sosial yang saat ini sangat berkembang, momen ini dapat membantu usaha anda kian dikenal luas.

Berjualan makanan sangat berpeluang, karena dapat dijual mulai dari acara keluarga, rapat kantor, kebutuhan makan siang karyawan, makanan diet sampai acara-acara lainnya.

Baca Juga: Simak! Kata-Kata Promosi Jualan Makanan yang Menarik & Terbaru

2. Membuat Usaha Sembako

Sembako Beras

Sembako memiliki peluang usaha rumahan yang besar untuk dijalankan. Dikarenakan sembako merupakan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Anda bisa memulai dengan menjual beras, telur, minyak sampai bumbu dapur. Tidak perlu kemampuan khusus untuk anda dapat memulai usaha ini.

3. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Jualan Pulsa dan Paket Internet

Peluang usaha rumahan yang menjanjikan selanjutnya adalah berjualan pulsa internet. Dilihat dari kondisi saat ini dimana teknologi internet sangat berkembang. Kebutuhan akan kuota internet pun juga menjadi meningkat.

Disamping memang internet sangat dibutuhkan saat ini untuk kebutuhan hiburan, bekerja dan bersosial, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Hal yang diperlukan untuk berjualan pulsa dan paket internet membutuhkan sebatas sebuah telephone genggam untuk mengirimkan pulsa paket internet ke pembeli.

Untuk mengawalinya, anda dapat daftarkan diri selaku agen ke ditributor pulsa dan paket internet yang dengan mudah dapat anda cari atau dapatkan secara online.

4. Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang menjual barang layaknya agen, tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijual. Dropshipper merupakan bisnis model yang sedang populer di era berkembangnya teknologi saat ini.

Sebagai contoh jika anda menajadi dropshipper, anda akan mempromosikan barang yang dimiliki supplier. Jika terjual, anda akan meminta supplier barang untuk mengirimkan barang tersebut ke pembeli.

Anda dapat memulai menjadi dropshipper dengan tidak membutuhkan modal uang. Hanya handphone dan internet yang anda butuhkan untuk memulainya.

Tertarik untuk menjadi dropshipper ?

5. Membuat Jasa Cuci Sepatu

Jasa Cuci Sepatu

Ide peluang usaha rumahan yang menguntungkan dengan modal sedikit berikutnya adalah membuat jasa cuci sepatu. Usaha ini sangat booming dilakukan akhir-akhir ini kebanyakan oleh anak-anak muda.

Bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini pun tidaklah mahal dan mudah untuk dicari. Anda dapat memakai sikat gigi, air, handuk kecil atau kain lap, baking soda, cuka untuk mencuci sepatu. Mudah bukan? Tertarik untuk memulai usaha ini?

6. Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias

Apakah anda memiliki hobi mengoleksi tanaman hias? Jika iya, usaha satu ini dapat anda lakukan dengan sangat mudah!

Anda dapat membudidayakan tanaman hias tersebut dan menjualnya. Tanaman-tanaman ini dapat anda jual secara online.

Untuk menjalankan bisnis ini, anda hanya perlu memisahkan tanaman yang anda miliki dan memindahkannya ke pot baru. Yang berarti anda hanya perlu membeli pot baru, tanah dan pupuk. Tertarik untuk mencoba?

7. Membuat Jasa Pembuatan Buket Bunga

Jasa Pembuatan Buket Bunga

Bagi anda yang memilki jiwa kreatif, membuat jasa pembuatan buket bunga merupakan usaha yang dapat dilakukan.

Apalagi semenjak pandemi, kita semakin jarang bertemu orang-orang demi alasan kesehatan. Memberikan bunga adalah pilihan yang tepat untuk tetap menjaga hubungan dengan orang-orang tersayang. Momen tersebut dapat kamu manfaatkan dengan membuat dan merangkai buket bunga.

Modal awal yang kamu perlukan tidaklah mahal. Anda hanya perlu membeli pita, lem atau selotip, hingga kertas warna warni.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

8. Menjalankan Budidaya Ikan Hias

Budidaya Ikan Hias

Ide peluang usaha rumahan yang menjanjikan berikutnya adalah budidaya ikan hias. Bisnis ikan hias memiliki potensi besar, karena dapat dilihat saat ini minat masyarakat yang tinggi untuk memelihara ikan hias. Apalagi jika anda memiliki hobi memelihara ikan hias, usaha ini dapat dijalankan dengan hobi anda.

Modal yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis ini cukup dengan Rp 100.000 sampai dengan Rp 500.000. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias.

9. Membuka Jasa Laundry Kiloan

laundry pakaian

Membuka jasa laundry kiloan merupakan ide peluang bisnis selanjutnya. Dengan berkembangnya zaman, banyak orang lebih memilih hidup serba praktis. Banyaknya waktu yang digunakan untuk bekerja, sedikit orang yang mau mencuci pakaiannya sendiri.

Hal ini menjadi peluang bagi anda untuk mendapatkan keuntungan dari jasa laundry kiloan. Cukup memiliki lokasi yang strategis dan tepat misalkan seperti dekat kos-kosan, perumahan dan perkantoran, anda sudah dapat membuka jasa laundry kiloan.

10. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang

Membuat jasa isi ulang air minum

Untuk usaha ini, anda tidak perlu memiliki skill khusus untuk menjalankannya. Apalagi jika anda memiliki tempat yang dekat dengan perumahan, perkantoran atau kos-kosan. Lokasi-lokasi tersebut strategis untuk anda dapat membuka usaha ini.

Untuk strategi penjualan, diawal anda dapat menitipkan (titip jual) produk anda di warung sembako.

11. Membuat Bisnis Online

Membuat Online Shop

Dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, membuat kita semakin mudah untuk mengembangkan usaha rumahan yang dimiliki. Contohnya seperti bisnis online shop.

Di online shop, anda dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Anda dapat memulai berbisnis online lewat market place yang sangat di gandrungi oleh masyarakat Indonesia seperti contoh Tokopedia dan Shopee. Selain itu, anda dapat mengenalkan produk dengan menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dan lain-lain.

Dalam membuat bisinis online, anda dapat menjual baju, makanan ringan, alat elektronik, barang-barang kebutuhan rumah, produk kecantikan dan lain sebagainya. Tertarik berjualan bisnis online?

12. Membuat Jasa Jahit Pakaian

Jasa Jahit Pakaian

Potensi dari membuat jasa jahit pakaian terbilang menggiurkan. Jika bisnis anda terus berkembang, anda dapat membuka konveksi besar di kemudian hari.

Selain itu, alasan mengapa jasa jahit pakaian merupakan peluang usaha yang menjanjikan dikarenakan baju adalah kebutuhan primer manusia. Hal ini membuat bisnis jasa jahit pakaian memberikan keuntungan jangka panjang.

13. Membuat Jasa Potong Rambut atau Barbershop

Jasa Potong Rambut

Usaha jasa potong atau pangkas rambut (barbershop) memang sangat berkembang pesat. Anda dapat menemukannya hampir di setiap sudut jalan.

Hal ini dikarenakan berkembangnya tren dan kebutuhan pria untuk selalu tampil rapi terutama gaya rambut. Modal awal untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar. Anda dapat memulainya dengan menggunakan peralatan seperti gunting, sisir dan cermin

Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga : Apa itu Franchise? Ketahui Pengertian, Cara Membuat & Arti Franchise

14. Membuat Aksesoris Wanita

Untuk para wanita, aksesoris dibutuhkan untuk menambah kesan di setiap penampilan dan popularitas. Popularitas yang dimaksut disini karena aksesoris yang dipakai mengikuti tren yang ada saat ini. Menjadikan usaha ini berpeluang besar untuk dilakukan.

Di awal, anda dapat melakukan strategi bisnis dengan menjualnya lewat media sosial agar jangkauan konsumen lebih luas.

Itulah beberapa ide peluang usaha rumahan di tahun 2022 yang dapat menjadi referensi anda mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal sedikit.

Simak terus semua pembahasan mengenai bisnis di Chatat.id.

Baca Juga : 16+ Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan di 2022