Usaha sampingan dengan modal kecil saat ini sedang diminati oleh banyak orang. Terlebih lagi disaat pandemi beberapa waktu kebelakang. Banyak orang mencari uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Apa saja ide usaha sampingan modal kecil yang dapat Anda lakukan? Chatat.id telah merangkumnya hanya untuk Anda. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Usaha Sampingan di Rumah

1. Guru Privat

Usaha Sampingan Guru Privat

Usaha sampingan di rumah dapat Anda lakukan dengan menjadi guru privat. Bisa dibilang bahwa usaha sampingan ini memerlukan modal kecil, bahkan tidak dibuthkan untuk mengeluarkan modal.

Dengan usaha sampingan menjadi guru privat, Anda hanya perlu memikirkan mengenai waktu yang disediakan kepada calon murid-murid, karena menjadi guru privat memiliki waktu kerja yang flexibel dan tidak menguras banyak energi.

2. Dropship

Usaha Sampingan Dropship

Usaha sampingan berikutnya adalah melakukan dropship. Dropship merupakan usaha yang tidak perlu memiliki stok barang. Karena Anda hanya bertugas sebagai perantara antara produk dengan konsumen.

Sebagai dropshipper Anda hanya perlu untuk memasarkan produk-produk melalui blog, media sosial, toko online, atau forum.

Usaha sampingan ini membutuhkan Anda untuk bekerja sama dengan supplier untuk mengirimkan produk.

Cara kerja usaha sampingan ini sangatah mudah. Apabila ada konsumen yang membeli, selanjutnya Anda harus memberitahu supplier untuk mengirim produk tersebut.

3. Membuka Toko Online di Marketplace

Usaha Sampingan Toko Online

Di zaman dimana segala hal sudah serba online. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan usaha sampingan modal kecil dengan berjualan di marketplace.

Anda dapat memilih barang apa yang ingin dijual secara fleksibel. Yang perlu diingat dalam menjalankan usaha sampingan di rumah ini, semakin barang tersebut dibutuhkan maka semakin laku usaha sampingan Anda.

4. Membuat Usaha Thrift Shop

Usaha Sampingan Thrift Shop

Usaha sampingan yang dapat dilakukan di rumah berikutnya adalah membuat usaha thrift shop.

Usaha sampingan ini dapat dilakukan dengan modal kecil dan sangat mudah. Karena jika Anda mempunyai banyak pakaian bekas yang sudah tidak ingin dipakai lagi, maka lebih baik untuk tidak membuangnnya.

Baju tersebut dapat Anda jual dengan harga yang murah. Anda juga perlu untuk mempromosikan pakaian tersebut di media sosial dan toko online.

Baca Juga : 11 Contoh Strategi Pemasaran 4P, Pengertian & Tujuannya

5. Blogger

Usaha Sampingan Blogger

Usaha sampingan di rumah satu ini untuk Anda yang suka menulis.

Apabila Anda suka menulis diary atau hal lainnya mengenai informasi-informasi tertentu, maka Anda dapat mencoba untuk menjadi sebuah blogger untuk usaha sampingan di rumah.

Waktu kosong ataupun libur Anda dapat digunakan dengan produktif dengan cara menulis blog mengenai hal-hal yang bermanfaat. Penghasilan nanti bisa didapatkan berdasarkan google adsense dan endorsement.

Usaha sampingan ini pun dapat dilakukan dengan modal kecil.

6. Jasa Fotocopy

Usaha Sampingan Fotocopy

Usaha ini akan sangat menguntungkan Anda apabila lokasi Anda berada di dekat, sekolahan, kampus, perkantoran, pemerintahan. Daerah situ pasti memiliki banyak calon konsumen yang membutuhkan jasa fotocopy Anda.

Anda juga dapat menyediakan jasa laminating, jilid, peralatan tulis menulis. Anda hanya memerlukan mesin fotocopy dan berbagai peralatan lainnya untuk menjalankan usaha sampingan ini.

7. Freelance Desain Grafis

Usaha Sampingan Desain Grafis

Usaha sampingan di rumah yang terakhir adalah menjadi desain grafis. Anda dapat memanfaatkan kreatifitas kemampuan mendesain untuk usaha sampingan.

Dengan kemampuan untuk mendesain, jasa Anda dapat dipakai untuk membuat logo, flyer, website atau poster. Anda sebagai freelance desain grafis juga harus umengidentifikasi ide suatu usaha lalu menerjemahkannya dalam bentuk visual.

Walaupun pekerjaan ini sangat kompleks, tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dicoba bagi Anda yang mempunyai kemampuan mendesain.

Usaha Sampingan di Desa

1. Usaha Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha Sampingan Jasa Cuci Mobil & Motor

Usaha sampingan di desa yang pertama adalah jasa cuci motor dan mobil. Apabila masih pemula, Anda dapat memulai usaha sampingan ini dengan mencuci motor terlebih dahulu dikarenakan peralatan yang lebih murah dibanding peralatan untuk cuci mobil.

Dikarenakan jumlah kendaraan mobil dan motor yang terus meningkat tiap tahun, menjadikan usaha ini sangat diminati oleh banyak orang. Apalagi kalau sedang musim hujan, usaha sampingan ini akan kebanjiran pelanggan.

2. Menjual Pulsa atau Pembayaran Lain

Usaha Sampingan Pulsa

Usaha sampingan di desa berikutnya adalah menjual pulsa atau pembayaran lainnya. Pembayaran lain yang dimaksud sini adalah seperti token, tiket kereta api, dan lain-lain.

Usaha sampingan ini bermodal kecil karena tidak mengeluarkan banyak modal dan waktu serta tenaga yang banyak.

3. Toko Kelontong

Usaha Sampingan Toko Kelontong

Walaupun hanya sekedar warung, tetapi Anda perlu tahu bahwa toko kelontong bisa menjadi usaha sampingan modal kecil dengan hasil yang sangat menguntungkan. Apabila Anda mempunyai lokasi strategis untuk toko Anda maka sangat gampang untuk mendapatkan suatu keuntungan.

Apalagi mengetahui bahwa toko kelontong banyak sekali barang-barang yang dicari banyak orang dari makanan kecil sampai ke obat-obat.

Usaha Sampingan Karyawan

1. Penerjemah

Usaha Sampingan Penerjemah

Usaha sampingan karyawan yang dapat dilakukan adalah menjadi penerjemah. Apabila Anda mempunyai kemampuan bahasa yang fasih maka Anda dapat menjadikan penerjemah sebagai opsi usaha sampingan.

Usaha sampingan ini tidak memerlukan modal uang, yang Anda perlukan hanya kemampuan ataupun pengetahuan yang dimiliki.

Secara umum, penerjemah itu dapat dibagi menjadi dua golongan, penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Tentunya dengan menjadi penerjemah profesional Anda akan dibayar lebih mahal, tetapi apabila Anda masih pemula maka janganlah takut untuk memulai.

Karena walaupun Anda dibayar lebih murah tapi langkah demi langkah Anda akan menjadi penerjemah level profesional dengan pengalaman.

Anda hanya memerlukan laptop atau komputer yang tersambung dengan internet untuk memulai usaha sampingan ini, karena yang diutamakan adalah pemikiran Anda untuk menerjemahkan suatu kata.

2. Copywriter

Usaha Sampingan Copywriter

Usaha sampingan berikutnya adalah menjadi copywriter. Bagi Anda yang suka dengan menulis mengenai berbagai konten, menjadi seseorang copywriter adalah usaha sampingan yang tepat.

Usaha sampingan ini tidak memerlukan modal uang. Modal yang diperlukan hanya ide kreatif dan keahlian menulis.

3. Content Creator

Usaha Sampingan Content Creator

Usaha  sampingan ini memiliki peluang besar yang menguntungkan, mulai dari ads, endorsement, kerja sama, dan sejenisnya.

Namun untuk menjadi content creator Anda harus membangun branding yang kuat, serta mempunyai basis followers ribuan. Bukan hal yang mustahil jika Anda giat melakukan research dan membuat konten, followers Anda akan terus meningkat. Jika followers Anda meningkat, penghasilan pun akan mengikuti.

4. Kursus Memasak

Usaha Sampingan Kursus Memasak

Semua orang pasti memerlukan makanan untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Apabila Anda hobi memasak, Anda dapat memanfaatkan hal itu untuk membuka suatu kursus memasak.

Anda bahkan dapat melakukan hal ini secara online menggunakan aplikasi seperti zoom, google meet untuk kursus memasak tersebut. Jadi yang hanya Anda butuhkan hanyalah skill untuk memasak, beberapa bahan makanan, dan laptop / komputer dengan internet untuk mencapai usaha ini.

5. Jasa Titip

Usaha Sampingan Jasa Titip

Usaha sampingan berikutnya adalah membuat usaha jasa titip atau yang biasa disebut dengan singkatan jastip. Bagi Anda yang suka liburan atau pergi ke tempat-tempat yang orang lain belum bisa datangi, Anda dapat membuka usaha sampingan dengan membeli barang-barang titipan konsumen.

Anda mendapatkan keuntungan dari barang-barang yang dititipkan. Yang dimaksud keuntungan disini adalah komisi dari barang yang dititipkan melewati Anda.

6. Affiliator

Usaha Sampingan Affiliator

Usaha sampingan yang dapat dilakukan untuk Anda yang merupakan karyawan berikutnya adalah menjadi Affiliator. Affiliator adalah orang yang mencari banyak pengunjung website merchant melalui kode referal.

Dengan usaha sampingan ini, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap visitor yang melakukan pembelian melewati link yang direferensikan.

Sekarang Anda sudah lebih mengetahui ide bagaimana cara membuat usaha sampingan modal kecil yang dapat dilakukan di rumah ataupun Anda sebgai karyawan. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengetahui berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha serta keuntungan yang Anda dapat dengan menggunakan aplikasi keuangan usaha. Chatat.id dapat melakukan hal-hal tersebut untuk menjadi pendamping usaha Anda.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis Selamanya untuk Memudahkan Usaha