Kebanyakan pelaku bisnis hanya mementingkan dan mengejar keuntungan yang besar, tetapi kurang memperhatikan atau cara menjaga cash flow atau arus kas usaha mereka.

Lalu sebenarnya, apa itu cash flow? Cash flow atau arus kas adalah laporan keuangan bisnis pada periode tertentu yang menyajikan laporan aktifitas uang masuk dan uang keluar.

Membangun brand dalam sebuah bisnis adalah salah satu hal yang penting. Brand yang sudah terbangun dengan baik biasanya diikuti dengan penjualan yang tinggi sehingga profit yang masuk semakin bertambah.

Namun, jika pengelolaan cash flow dalam bisnis mu tidak dikelola dengan baik dan benar, maka dapat dipastikan bisnis tersebut tidak akan berlangsung lama alias gulung tikar.

Tidak sedikit, kasus bisnis yang gulung tikar padahal profit yang dihasilkan besar, tetapi mereka kehabisan cash flow sehingga operasionalnya harus dihentikan, manajemen tidak bisa membayarkan gaji, serta tagihan menumpuk, sehingga kinerja perusahaan menjadi menurun.

Agar arus kas bisnis Anda tetap sehat, ada baiknya kamu perlu mengetahui tips-tips untuk menjaga cash flow atau arus kas bisnis agar tidak kacau.

Simak beberapa tips menjaga cash flow atau arus kas untuk bisnis anda berikut ini.

1. Menentukan Prioritas dalam Menjalankan Pengeluaran

Tips Menjaga Cash Flow : Menentukan Prioritas dalam Menjalankan Pengeluaran

Setiap pengeluaran perlu dilakukan perhitungan yang tepat dan menentukan skala prioritasnya.

Alih-alih terlalu banyak pengeluaran untuk memenuhi seluruh kebutuhan bisnis tapi ternyata yang ada malah membuat pengeluaran bengkak dan kebutuhan lainnya justru tidak terpenuhi.

Ada pengeluaran yang memiliki dampak besar terhadap kemajuan bisnis dan ada juga pengeluaran yang tidak terlalu berpengaruh dalam bisnis.

Oleh karena itu, sebelum membuat keputusan untuk mengeluarkan kas, cobalah analisa terlebih dahulu, apakah itu termasuk hal yang penting dan dapat mengembangkan bisnis, atau dapat ditunda saja pengeluarannya?

2. Hitung dengan Tepat Biaya Produksi & Total Pengeluaran untuk Menjaga Cash Flow Bisnis Anda

Tips Menjaga Cash Flow : Hitung Biaya Produksi dan Total Pengeluaran

Perhitungkan dengan rinci total pengeluaran selama masa produksi hingga barang itu siap dijual bisa membuat kamu terhindar dari salah menentukan harga jual.

Dengan memperhitungkan harga jual yang tepat ditambah dengan profit bisnis, maka cash flow bisnis mu akan tetap sehat.

Sering kali untuk menarik banyak pembeli, pelaku bisnis biasanya memberikan diskon pada produk yang akan dijual, tetapi hati-hati perlu diingat bahwa harga diskon jangan sampai di bawah harga pokok juga ya.

3. Melakukan Strategi Product Bundling

Tips Menjaga Cash Flow : Melakukan Strategi Bundling

Product Bundling atau penggabungan produk adalah salah satu strategi penjualan yang menarik untuk konsumen. Dengan hanya membeli satu produk konsumen akan mendapatkan gabungan dari beberapa produk.

Manfaat strategi ini bagi pemilik bisnis adalah produk yang dijual bisa lebih banyak, sehingga berdampak pada cash flow bisnis yang meningkat.

Contoh saja pada usaha kuliner biasanya tersedia menu paket makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah dibanding saat membelinya secara satuan.

4. Memberi Harga Lebih Tinggi sebagai Strategi

Tips Menjaga Cash Flow atau Arus Kas : Memberi Harga Lebih Tinggi

Besarnya profit yang didapat salah satunya ditentukan dari harga jual suatu produk.

Dengan harga yang tinggi, kamu akan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula dan akan mudah pula saat memberikan diskon. Sehingga, jika ada konsumen yang menawar, harga yang disepakati jatuhnya tidak akan jauh dari batas harga yang sudah ditetapkan.

Tapi jangan lupa untuk cek juga kalau harga yang kamu berikan tidak jauh dari harga standar di pasaran ya.

Selain itu, untuk menarik konsumen membeli produk mu dengan harga yang lebih tinggi, kamu bisa memberikan perbedaan yang cukup menonjol atau crussial dengan produk lain, misalnya dengan packaging yang menarik , pelayanan yang humble, bonus yang banyak, dan lain sebagainya.

5. Membuat Konsumen untuk Membeli Ulang Produkmu

Cara Menjaga Cash Flow : Membuat Konsumen Untuk Membeli Ulang Produk atau repurchase

Semakin banyak produk yang terjual itu artinya semakin banyak pula profit yang didapatkan.

Dengan mendorong pembelian produk secara berulang, maka semakin banyak produk yang bisa dijual maka profit yang di dapat akan lebih besar lagi.

Strategi yang bisa mendatangkan pembelian berulang misalnya dengan memberikan program diskon di tanggal dan menu yang sama setiap bulannya.

6. Menunda Penambahan Inventaris

Tips Menjaga Cash Flow : Penambahan Inventaris atau Inventory

Inventaris dalam sebuah bisnis memang penting namun untuk menambah inventaris dalam bisnis, kamu perlu mengeluarkan uang dari arus kas yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga dapat berpengaruh kepada bisnis mu.

Kalau penambahan inventaris memang tidak terlalu berpengaruh terhadap profit yang akan didapatkan, maka lebih baik kamu menunda untuk membelinya, tunggu hingga arus kas bisnis mu sudah surplus banyak dan cash flow sudah sehat.

7. Lakukan Evaluasi untuk Cash Flow mu

Cara Menjaga Cash Flow : Melakukan Evaluasi

Dengan melakukan evaluasi berkala untuk cash flow bisnismu, kamu akan bisa mendeteksi permasalahan yang terjadi pada keuangan bisnis lebih dini. Walaupun dilihat sekilas terlihat sehat-sehat saja tetapi belum tentu didalamnya seperti yang dilihat.

8. Konsisten

Cara Menjaga Cash Flow : Konsisten

Jika evaluasi sudah selesai dan sudah kamu dilakukan perbaikan, maka selanjutnya kamu harus selalu konsisten menerapkan evaluasi secara berkala.

Jika tidak dilakukan secara konsisten, dikhawatirkan dimasa yang akan datang aka nada masalah pada cash flow bisnis mu.

9. Membuat Laporan Arus Kas

Cash Flow

Sebuah laporan bisnis itu sangat penting untuk kita tau mengenai kemajuan atau kemunduran dari sebuah bisnis itu sendiri.

Laporan arus kas menjadi salah satu komponen laporan keuangan yang wajib ada. Karena dengan kita mempunyai laporan arus kas kita akan mengetahui dan dapat mengontrol kondisi keuangan kita.

Aplikasi Chatat hadir membantu anda untuk mengelola keuangan bisnis terutama dalam membuat laporan arus kas. Download aplikasi Chatat di Google Play atau App Store dan nikmati fitur-fitur terintegrasi yang dapat anda pakai untuk mengelola bisnis!