Pada era digital ini terdapat media sosial yang mendominasi kehidupan. Apabila Anda sering menjelajahi dunia media sosial maka Anda pasti sudah pernah bahkan sering mendengar istilah endorse.

Arti endorse secara singkat merupakan bentuk iklan atau promosi yang digunakan oleh usaha, baik itu produk fashion, makanan dan minuman, skincare, dan jenis produk lain sebagainya. Seorang wirausaha terkadang membutuhkan kegiatan endorse agar produknya lebih dikenal lagi.

Endorse umumnya dilakukan oleh orang-orang terkenal seperti artis film, selebgram, penyanyi, dan public figure lainnya. Endorse juga disertakan dengan kalimat-kalimat bersifat persuasif untuk menarik perhatian calon konsumen.

Chatat.id telah merangkum apa yang dimaksud endorse seacara detail. Yuk simak lebih lanjut mengenai apa itu endorse dalam artikel ini!

Apa Itu Endorse?

Apa Itu Endorse

Apa itu endorse? Dalam pemasaran di media sosial, endorse adalah istilah populer, kegiatan melakukan endorse dinamakan sebagai endorsement. Apabila dilihat dalam bahasa ingriss, kata endorse mempunyai arti dukungan atau pengesahan.

The Economic Times mengatakan bahwa endorse adalah bentuk promosi yang menggunakan public figure yang memiliki banyak pengakuan, rasa hormat, kepercayaan, pengakuan dan hal lain sebagainya dari banyak orang.

Public figure tersebut kemudian akan mempromosi berbagai produk dan layanan dengan mengatasnamakan mereka.

Kegiatan endorsement umumnya jauh lebih baik dari sekedar iklan biasa, karena dalam era digital ini, banyak sekali orang yang memperhatikan orang-orang terkenal seperti Artis atau influencer.

Perlu diketahui juga bahwa semakin terkenal orang yang melakukan endorsement tersebut (endorser) maka juga semakin mahal biaya untuk melakukan endorsementnnya.

Untuk melakukan kegiatan endorse, Anda dapat pesan atau menggunakan fitur direct messages (tergantung pada media sosial yang dipakai) kepada public figure yang Anda ingin jadikan sebagai endorser.

Apabila pihak endorser dan pihak usaha sudah menyetujui akan peraturan dan kegiatan yang dibuat, maka pihak usaha hanya perlu mengirimkan konsep foto atau video beserta captionnya yang perlu ditampilkan oleh public figure dalam postingan media sosialnya.

Manfaat Endorse

Manfaat Endorse

Terdapat beberapa manfaat dalam melakukan kegiatan endorse, yaitu :

  1. Membangun Kredibilitas

Manfaat pertama dalam melakukan kegiatan endorse adalah untuk membangun kredibilitas. Karena mayoritas masyarakat mempercayai pihak-pihak terkenal seperti selebriti dan lainnya. Maka pihak tersebut dapat menunjukan kelebihan produk yang di endorse dan membangun kepercayaan publik kepada brand produk tersebut.

2. Membangun Awareness

Dengan melihat bahwa seseorang artis melakukan endorsement kepada suatu produk, maka tentunya barang atau jasa yang ditawarkan menjadi lebih terkenal dan semakin dicari oleh publik.

3. Membuka Pasar Baru

Anda dapat membuka peluang brand mencapai pasar baru dengan menggunakan figur terkenal yang tepat. Karena dengan bantuan mereka, endorsement bisa mencapai kumpulan demografi dan pasar baru yang berbeda dengan produk yang ditawarkan.

4. Membuat Brand Lebih Menonjol

Umumnya, endorser yang mengendorse produk Anda nantinya akan membandingkan produk tersebut dengan pesaing-pesaing lainnya dan hal tersebut akan membuat konsumen menjadi ingat tentang kelebihan produk yang Anda pasarkan yang juga digunakan oleh selebriti favorit konsumen.

5. Menambah Followers

Dengan melakukan suatu endorsement, maka followers pada toko online dalam media sosial dapat meningkat. Hal itu membuat kegiatan endorsement menjadi alat marketing yang efektif.

Jenis-Jenis Endorsement

Jenis-jenis Endorsement

Setelah mengetahui apa itu endorse serta pengertian dan juga manfaat-manfaatnya, maka yang perlu Anda ketahui berikutnya merupakan jenis-jenis endorsement yang dapat dibagi menjadi umum dan khusus, sebagai berikut :

  1. Endorsement Umum

Jenis endorsement umum ini dapat dibagi menjadi dua, yakni :

  • Endorsement berbayar, adalah jenis endorsement yang membutuhkan uang dan ikatan kontrak kepada public figure yang ditunjuk untuk mempromosikan barang atau jasa suatu usaha.
  • Endorsement tidak berbayar, merupakan jenis endorsement yang tidak diperlukan untuk membayar jasa promosi kepada public figure yang dituju. Pada endorsement ini, pihak usaha akan mengirimkan sample produk kepada public figure tersebut.  Sample barang atau jasa tersebut lalu dapat dicoba oleh public figure terlebih dahulu. Jenis endorsement ini dapat juga disamakan seperti iklan gratis, dimana tidak ada hak dan kewajiban khusus yang perlu dipenuhi.

2. Endorsement Khusus

Dalam buku berjudul "brand management : Esensi, Posisi, dan Strategi" yang dituliskan oleh Aditya Halim Perdana Kusuma, dkk, penggunaan endorsement berdasarkan jenis tokohnya dapat dibagi menjadi sebagai berikut :

  • Expert, Jenis endorsement ini menggunakan seseorang yang sudah ahli dalam bidangnya dan juga sesuai dengan jenis produk yang dipromosikan.
  • Prominence, jenis endorsement ini menggunakan public figure yang dipercaya. Tujuan jenis endorse ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk yang dipromosikan.
  • Celebrity, Jenis endorsement ini menggunakan seseorang selebriti yang disukai oleh masyarakat, supaya produk yang dipromosikan disukai oleh konsumen karena umumnya mereka menyukai selebriti yang mengendorse.
  • Testimonial, jenis endorsement ini bersifat netral dan berasal langsung dari masyarakat umum, dengan cara endorser membuat testimoni mengenai produk yang diiklankan. Menggunakan masyarakat umum menjadi endorser ini dapat membuat konsumen percaya terhadap testimoni yang diberikan.
  • Terrestrial, endorsement berjenis ini menggunakan jasa orang biasa dan tidak mempunyai unsur komersial. Tetapi tetap sesuai dengan lingkungan tempat produk tersebut dipasarkan.
  • Leader, jenis endorsement ini menggunakan tokoh pemimpin pada bidang tertentu dan juga memiliki kesesuaian dengan produk yang dipromosikan.
  • Accesivit, Jenis endorsement terakhir ini menggunakan jasa seseorang yang memiliki keunikan pada bidang tertentu. Keunikan tersebut dapat dijadikan sebagai daya tarik konsumen.

Cara Endorse Selebgram

Cara Endorse Selebgram

Anda bebas dalam memilih siapa selebgram atau public figure yang akan melakukan endorsement untuk usaha Anda. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu dalam cara endorse selebgram, yaitu :

  1. Jumlah Follower

Logikanya, semakin banyak followers seseorang public figure yang melakukan endorsement maka semakin tinggi jangkauan pasarnya. Tetapi, followers banyak bukan berarti Anda akan untung karena Anda juga perlu memperhatikan siapa public figure yang akan digunakan.

2. Engagement rate

Engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah followers yang aktif melakukan interaksi dengan akun media sosial dengan cara dibandingkan total jumlah followers.

Semakin tinggi suatu engagement rate maka semakin besar peluang promosi Anda dilihat oleh banyak orang.

3. Persona Representatif

Anda perlu melihat karakteristik atau persona public figure yang akan Anda jadikan sebagai endorser. Anda bisa melakukan kegiatan endorse yang efektif apabila public figure yang dituju dekat dengan produk yang dipromosikan.

Contohnya, apabila Anda ingin mempromosikan laptop, komputer, dan hal lain sebagainya, maka Anda perlu mencari public figure yang ahli dalam bidang komputer, supaya promosi yang Anda lakukan tepat sasaran.

4. Budget

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah budget usaha Anda sendiri. Karena mayoritas public figure yang mempunyai followers atau engagement rate yang tinggi akan cenderung lebih mahal dibandingkan yang mempunyai hal tersebut yang rendah.

Dari penjelasan diatas, kini Anda sudah lebih mengetahui apa itu endorse, pengertian, manfaat, tujuan serta cara melakukannya dalam usaha secara terperinci.

Chatat.id sebagai aplikasi laporan keuangan usaha dan aplikasi kasir gratis, selalu memberikan informasi terbaru dan menarik untuk membantu membangun usaha Anda.

Baca Juga: Pengertian, Contoh & Manfaat Segmentasi Pasar