SIUP adalah salah satu dokumen yang perlu disiapkan untuk membuat usaha Anda makin naik kelas. Kepanjangan SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdangan dan kerap kali dibutuhkan para pengusaha untuk menjalankan usahanya.

Secara sederhana, SIUP adalah izin operasional bagi perusahaan atau perorangan sebagai bukti legal melakukan kegiatan usaha.

Chatat.id telah merangkum secara detail penjelasan mengenai apa itu SIUP dan bagaimana cara membuat SIUP. Yuk simak bersama!

Apa Itu SIUP?

SIUP adalah

Untuk mengetahui apa itu SIUP secara lengkap, maka baik untuk diketahui pengertiannya berdasarkan peraturan yang ada.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 13/M-DAG/PER/9/2007 telah dijelaskan mengenai Surat Izin Usaha Perdagangan, dan didalamnya diartikan bahwa SIUP adalah surat legalitas untuk perdagangan atau usaha yang diberikan oleh pejabat pemerintah kepada pelaku usaha sebagai bukti bahwa usaha yang dijalankan adalah legal dan sah serta juga diakui oleh pemerintah.

SIUP diberikan kepada pengusaha baik itu secara perseorangan ataupun CV, PT, Koperasi, BUMN, dan sebagainya, jadi bisa dibilang bahwa semua macam usaha baik usaha kecil atau besar diwajibkan untuk memiliki sebuah surat izin usaha perdagangan atau SIUP.

Tetapi, bisa diliat juga dalam Pasal 4 ayat (1) Permendag 46/2009, ternyata ada beberapa pengecualian mengenai kepemilikan SIUP khususnya untuk usaha perdagangan mikro dengan kriteria-kriteria tertentu.

Berikut adalah beberapa kriteria pengecualian untuk kepemilikan SIUP :

  • Perusahaan dengan kegiatan usaha di luar sektor perdagangan.
  • Kantor cabang dan juga kantor perwakilan.
  • Mempunyai kekayaan bersih maksimal  Rp 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah), itu tidak termasuk tanah dan bangunan.

Jenis SIUP

Jenis-jenis SIUP

SIUP sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat diukur berdasarkan besarnya modal atau kekayaan yang dimiliki oleh pengusaha.

Berapa jenis SIUP tersebut adalah :

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan Mikro atau SIUP Mikiro

Surat izin usaha perdagangan Mikro merupakan sebuah surat izin yang diberikan kepada pemilik usaha dengan kepemilikan modal atau kekayaan dengan netto minimal lebih dari  Rp 50.000.000 dan maksimal Rp 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah).

2. Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil atau SIUP Kecil

SIUP Kecil adalah sebuah surat izin yang diberikan kepada pengusaha dengan modal mulai dari Rp 50.000.000 maksimal Rp 500.000.000.

3. Surat Izin Usaha Perdagangan Menengah

SIUP Menengah adalah surat izin yang diberikan kepada pengusaha dengan jumlah modal minimal antara Rp 500.000.000 hingga maksimal Rp 10.000.000.000 (Sepuluh miliar rupiah).

4. Surat Izin Usaha Perdagangan Besar

SIUP Besar adalah surat izin yang diberikan kepada pengusaha dengan modal yang lebih dari Rp 10.000.000.000, biasanya yang menggunakan SIUP Besar adalah pengusaha yang mempunyai banyak investasi dan kekayaan seperti Real Estate.

Manfaat Mendaftar SIUP

Manfaat Mendaftar SIUP

Manfaat dari mendaftar SIUP tentunya sudah jelas, yaitu untuk menjadi bukti bahwa usaha yang ada jalankan baik secara perseorangan atau secara badan usaha.

Tetapi manfaat mendaftar SIUP tidak sekadar hanya untuk melegalkan usaha yang akan dijalankan Anda nanti, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila membuat SIUP. Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Permasalahan mengenai izin usaha sudah tidak ada lagi.
  • Mempermudah usaha Anda untuk melakukan sebuah ekspor dan impor.
  • Dengan memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan usaha Anda akan mendapatkan perlindungan secara hukum yang bertujuan agar usaha yang Anda miliki terbebas dari penertiban liar.
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan.
  • Memudahkan Anda untuk meminjam modal pada bank atau koperasi.
  • Mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena usaha Anda yang dijalankan telah mendapat pengesahan dari pemerintah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha atau KUR dengan Bunga Ringan & Aman

Contoh & Cara Membuat SIUP

Cara Membuat SIUP

Anda perlu mengetahui bagaimana prosedur atau cara membuat SIUP.  Prosedur untuk membuat SIUP tidak sesulit yang Anda pikirkan, berikut merupakan panduan dari kami untuk prosedur pembuatan SIUP.

Prosedur Pembuatan SIUP

  1. Mengambil Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran SIUP dapat diambil di Kantor Dinas Perdagangan atau di Kantor Pelayanan Perizinan. Anda tinggal datang ke lokasi tersebut yang terdekat dari wilayah tinggal Anda, tetapi jangan lupa membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

2. Mengisi dan Menandatangani Formulir Pendaftaran

Setelah Anda mendapatkan formulir pendaftaran tersebut, maka segera mengisi sesuai perintah-perintah di kolom yang disediakan, diharapkan Anda mengisi kolom tersebut dengan lengkap dan benar, jangan lupa juga untuk menandatangani di atas materai.

Setelah selesai menandatangani formulir tersebut maka langsung fotokopi formulir tersebut sebanyak 2 (dua) rangkap dan jadikan satu dengan dokumen yang diperlukan sesuai syarat.

3. Membayar Biaya Pembuatan SIUP

Selanjutnya, Anda diperlukan untuk membayar biaya pembuatan SIUP. Untuk besaran biaya atau tarif pembuaan SIUP sendiri tergantung dari domisli masing-masing. Hal tersebut diatur dalam peraturan daerah di setiap wilayah.

4. Mengambil SIUP

Setelah semua dokumen telah diserahkan oleh Anda kepada petugas Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan, maka yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah menunggu untuk dihubungin oleh pihak petugas yang bersangkutan, yang biasanya diperlukan waktu 2  minggu.

Cara Membuat SIUP Online

Cara Membuat SIUP Online

Apabila Anda terlalu sibuk untuk mendatangi tempat pendaftaran SIUP secara langsung, maka ada opsi kedua yang dibuat pemerintah agar Anda bisa mengurus SIUP secara online dengan mudah dan cepat melalui sistem OSS.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, OSS ini beperan sebagai gerbang dari sistem pelayanan pemerintah yang ada di kementrian atau lembaga dan pemerintah daerah.

Untuk membuat SIUP melalui sistem OSS, Anda perlu memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) terlebih dahulu, NIB berfungsi sebagai identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha sesuai bidang usahanya.

Tahap-tahap berikut merupakan cara untuk mendapatkan NIB sebagai persyaratan membuat SIUP melalui sistem OSS.

  • Mendaftarkan dan memverifikasikan Akun
  • Login dan isi data usaha
  • Selesai dan diterbitkan NIB

Nah, sekarang Anda sudah lebih mengetahui apa itu SIUP, cara membuat dan juga mendaftarnya. Yuk, segera buat SIUP untuk bantu usaha Anda makin naik kelas.

Chatat.id sebagai aplikasi solusi usaha dengan fitur laporan keuangan dan kasir digital yang lengkap, selalu memberikan informasi terbaru dan menarik seputar bisnis dan akuntansi.

Baca Juga: 16+ Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil di Tahun 2022