Aplikasi kasir saat ini sudah sangat dibutuhkan untuk setiap bisnis atau usaha. Dikarenakan manfaat penggunaannya yang sangat banyak dan fleksibel. Berbeda dengan mesin kasir yang hanya digunakan untuk transaksi pembayaran saja.

Aplikasi kasir berguna untuk berbagai aktivitas usaha seperti mengurangi stok barang secara otomatis, jenis pembayaran yang beragam, fleksibel karena bisa digunakan kapan saja juga dimana saja, dan masih banyak manfaat lainnya.

Chatat.id akan membahas lebih dalam mengenai apa itu aplikasi kasir serta manfaatnya untuk semua jenis usaha.

Pengertian Aplikasi Kasir

Pengertian Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir adalah suatu program kasir berbasis cloud atau online. Anda dapat menggunakan aplikasi kasir untuk mempermudah Anda dalam aktivitas usaha. Anda tidak perlu lagi menghitung data secara manual.

Dengan menggunakan aplikasi kasir,  transaksi penjualan tanpa perlu ada kasir secara fisik, hal itu dikarenakan sistem aplikasi kasir ini langsung terhubung dengan back office.

"Semua macam pertukaran merangsang aktifitas produktif, baik itu pertukaran dengan hadiah, barter, perjudian, atau transaksi uang." (Aaron C. Brown)

Manfaat Aplikasi Kasir

Manfaat Aplikasi Kasir

Penggunaan aplikasi kasir tentunya akan memberikan banyak manfaat yang sangat berguna untuk Anda sendiri maupun untuk usaha Anda. Chatat.id telah menjabarkan beberapa manfaatnya, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memantau Bisnis Secara Fleksibel

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda bisa memantau semua transaksi yang terjadi di pada usaha anda dimana saja. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa hal ini sangat berguna, apalagi untuk Anda yang memiliki banyak kesibukan.

Dapat dipastikan juga bahwa dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai tidak akuratnya jumlah uang yang diterima dengan stok yang keluar.

2. Waktu Lebih Efisien

Waktu Anda sangat berharga, jangan sampai waktu yang dimiliki dihabiskan hanya untuk menyimpan dan mengatur semua transaksi usaha. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti memikirkan dan membuat strategi bisnis untuk mengembangkan usaha Anda.

Dikarenakan aplikasi kasir memudahkan Anda untuk menyimpan data transaksi secara otomatis dan akurat. Dengan ini Anda bisa menggunakan waktu dan tenaga Anda dengan hal penting lainnya untuk membangun usaha.

3. Membantu Strategi Bisnis

Semua transaksi yang dilakukan akan tercatat dalam aplikasi kasir dan diolah menjadi sebuah data yang memberikan informasi mengenai status barang yang paling banyak terjual juga disukai oleh banyak pelanggan.

Dengan mengetahui barang mana yang paling banyak dibeli, maka Anda dapat menggunakannya untuk strategi promosi.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang positif untuk usaha Anda. Dengan pelanggan yang puas akan produk Anda, bukan tidak mungkin akan melakukan pembelian kembali.

Penggunaan aplikasi kasir dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer. Seperti waktu order menjadi jauh lebih cepat, bukti transaksi yang akurat, pembayaran digital dan sebagainya.

5. Menyediakan Pelayanan yang Lebih Cepat

Penggunaan mesin kasir bisa mengakibatkan antrean yang panjang. Dengan aplikasi kasir, maka Anda dapat menghindari hal tersebut.

Karena pencatatan pada aplikasi kasir bersifat otomatis seperti segala bentuk input order dari pelanggan. Selain itu, Anda akan mendapatkan laporannya secara real-time.

6. Meningkatkan Keuntungan

Manfaat aplikasi kasir yang terakhir dan tentunya paling diinginkan untuk semua pengusaha adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dari semua manfaat aplikasi kasir yang sudah dibahas diatas seperti, memantau bisnis, membantu strategi usaha, tentunya membuat aplikasi kasir sangat bermanfaat untuk membantu menjalankan usaha Anda.

Tujuan Penggunaan Aplikasi Kasir

Tujuan Penggunaan Aplikasi Kasir

Setelah mengetahui manfaat-manfaat aplikasi kasir, kami ingin memberi tahu Anda mengenai tujuan-tujuannya. Sebagai berikut :

1. Mencetak dan Mengirimkan Struk Secara Digital

Hal utama dalam menggunakan aplikasi kasir adalah kemudahan dalam mencetak struk. Hal ini tidak hanya menguntungkan Anda dalam menjalankan bisnis, tetapi juga menguntungkan bagi pelanggan.

2. Mengetahui Keuntungan

Anda tidak perlu lagi menghitung keuntungan dari awal bulan sampai akhir bulan. Karena aplikasi kasir dengan mudah akan menghitung laba yang didalam satu bulan.

3. Mengetahui Pembelian dan Penjualan pada Periode Tertentu

Inilah yang membuat aplikasi kasir menjadi sangat populer, karena Anda dapat mengetahui transaksi yang terjadi karena aplikasi menyimpan semua data tersebut.

Fitur Aplikasi Kasir

Fitur Aplikasi Kasir

Terdapat fitur-fitur aplikasi kasir yang layak untuk diketahui. Beberapa diantaranya adalah :

1. Pencatatan Keuangan

Terdapat sebuah fitur pencatatan keuangan dalam aplikasi kasir yang bisa digunakan sebagai laporan transaksi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Data tersebut lalu bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk report.

Dalam report tersebut, Anda bisa melihat perkembangan bisnis dari waktu ke waktu secara flexibel.

Baca juga : Kenali Pengertian Laporan Arus Kas untuk Usaha Anda

2. Metode Pembayaran

Seiring perkembangan waktu dan teknologi terdapat berbagai macam metode pembayaran selain menggunakan uang tunai. Metode pembayaran yang dimaksud seperti kartu debit atau kredit, e-wallet, dan hal lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu fitur di aplikasi kasir.

3. Stok Barang

Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda bisa menginput stok-stok barang atau produk. Yang berarti Anda sudah tidak perlu repot dengan menggunakan kertas atau manual untuk mencatat barang atau produk.

4. Laporan Penjualan

Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat mengetahui perkembangan bisnis secara real-time dan praktis. Karena, aplikasi tersebut menyediakan laporan penjualan secara akurat dan lengkap. Anda dapat menentukan produk mana yang akan dikembangkan selanjutnya untuk menarik calon pelanggan.

5. Pengelolaan Pelanggan

Anda dapat menyimpan data pelanggan secara berkala. Apabila pelanggan membeli barang atau produk Anda, maka data tersebut akan otomatis langsung masuk ke dalam aplikasi. Hal ini bisa digunakan Anda untuk membuat riwayat pelanggan yang tersimpat dalam bentuk nama, alamat, dan nomor kontak yang dapat Anda hubungi.

6. Multiple User

Pastinya aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh satu orang saja, karena itu dengan menggunakan fitur multiple user yang memungkinkan aplikasi untuk digunakan lebih dari satu orang. Hal ini sangat berguna apabila bisnis Anda itu berskala besar.

Jadi, dapat disimpulkan dengan menggunakan aplikasi kasir dapat mempermudah jalannya usaha Anda. Selain menguntungkan, Anda dapat lebih fokus ke usaha yang dijalankan.

Salah satu aplikasi kasir gratis selamanya yang telah dipakai oleh banyak pengusaha ataupun UMKM di Indonesia adalah Chatat.id. Aplikasi kasir gratis selamanya dari Chatat.id merupakan solusi untuk segala jenis usaha. Dikarenakan fitur-fitur pada aplikasi kasir Chatat.id terbukti membantu para pengusaha yang diantaranya seperti pencatatan keuangan, jenis pembayaran yang beragam, update stok secara otomatis, laporan penjualan dan masih banyak lagi.

Baca juga : Perhatikan 7 Hal Ini Saat Mencari Modal Usaha