Pada artikel kali ini, kita akan bahas lebih dalam mengenai cara membuat laporan arus kas dengan menggunakan metode langsung. Secara spesifik, metode dalam membuat laporan arus kas dibagi menjadi dua, yaitu laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung.

Pengertian Laporan Arus Kas Metode Langsung

Laporan keuangan arus kas yang dibuat dengan menggunakan metode langsung memungkinkan untuk dapat dengan mudah dibaca oleh pihak lain.

Hal ini dikarenakan laporan arus kas metode langsung mencantumkan semua penerimaan dan pembayaran kas langsung terhadap objek tertentu selama periode berjalan.

Semua sumber arus kas harus tercatat, total pembayaran kemudian dikurangkan dari penerimaan kas untuk menghitung arus kas bersih dari aktivitas operasi.

Kemudian total nilai bersih arus kas dari kegiatan investasi dan pendanaan juga ditambahkan untuk mendapatkan nilai kenaikan atau penurunan kas bersih.

Metode langsung pada arus kas  juga berguna untuk melihat posisi kas dalam kewajiban membayar pajak penghasilan maupun bunga. Sedangkan laporan arus kas metode tidak langsung masih perlu menyesuaikan pendapatan bersih serta laba bersih menjadi basis kas.

Sehingga Anda juga perlu menambahkan bagian pengeluaran non tunai seperti amortisasi, depresiasi, piutang dagang, segala kerugian serta penjualan aset tetap.

Apa Saja Komponen dalam Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung?

Komponen Dalam Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung

Adapun komponen dalam membuat laporan arus kas metode langsung adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh Data Informasi harus Secara Jelas

Untuk membuat laporan arus kas metode langsung harus berdasarkan data informasi yang jelas, misalnya informasi tersebut didapat dari data buku kas kecil atau kas bank.

Kemudian laporan keuangan arus kas juga harus memiliki transkrip rekening koran serta struk/bukti transaksi yang dimiliki, sehingga data informasi tersebut harus bisa mencerminkan seluruh data yang dapat dikategorikan sebagai pemasukan serta pengeluaran keuangan perusahaan.

Dalam penyajian laporan keuangan arus kas yang berkaitan dengan biaya masuk dan keluar Anda, maka sekarang Anda bisa menggunakan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat.

Dengan cara memanfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan, bisa membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

2. Membuat Data Aktivitas Operasional

Dalam penyusunan laporan keuangan arus kas, yang membedakan laporan arus kas metode tidak langsung dan langsung adalah bagian aktivitas operasionalnya.

Laporan arus kas langsung berawal dari data aktivitas operasional di mana bagiannya terdiri dari pemasukan, pengeluaran, serta penjualan produk.

Contohnya bukti pengeluaran atas biaya kendaraan operasional atau pembelian produk dalam mendukung kegiatan operasi perusahaan.

3. Membuat Data Aktivitas Investasi

Komponen berikutnya adalah membuat data aktivitas investasi yang dimana merupakan bagian penting atas pengeluaran, pemasukan dana, serta pembelian aset dalam waktu jangka panjang.

Bagian ini juga bisa diperoleh dari penjualan aset serta serta simpanan jangka panjang, kemudian juga didapat dari pengalihan aset lain serta mempengaruhi periode jangka panjang tersebut

​​4. Membuat Data Aktivitas Pendanaan

Selanjutnya dalam membuat laporan keuangan arus kas  metode langsung yaitu adanya data aktivitas pendanaan, yang terdiri dari transaksi tunai.

Sehingga transaksi ini dapat mempengaruhi akun liabilitas jangka panjang serta ekuitas, seperti contoh pembelian saham atau pengambilan pinjaman.

5. Membuat Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung (Cash Flow) Perusahaan

Dalam membuat laporan arus kas perusahaan dengan metode langsung didapat informasi dari aktivitas operasi, investasi serta pendanaan menjadi pertanggung jawaban perusahaan.

Sehingga nantinya fungsi dari penggunaan metode langsung ini seluruh komponen di atas tidak bisa dihilangkan atau bahkan dipangkas.

Bagaimana Contoh Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung?

Untuk lebih jelas bagaimana cara membuat laporan arus kas metode langsung, maka berikut ini contoh laporan arus kas PT Berkah Jaya periode Desember 2020 sebagai berikut.

Seperti pembahasan komponen diatas bahwa laporan keuangan arus kas terdiri dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

Dengan mengumpulkan laporan setiap transaksi PT Berkah Jaya selama Desember 2020, yaitu :

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Operasi

Laporan aktivitas operasi ini adalah bagian dari penerimaan maupun pengeluaran kas. Bahkan mempengaruhi bagian komponen neraca, seperti aset dan kewajiban.

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Operasi
Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Operasi

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Investasi

Laporan aktivitas ini berdasarkan atas transaksi kas seperti bukti dari pembelian, penjualan aset tetap. Contohnya gedung, tanah, fasilitas pabrik, dan lainnya.

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Investasi
Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Investasi

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Pendanaan atau Pembiayaan

Laporan arus kas yang berasal dari aktivitas pendanaan merupakan bagian dari kewajiban dalam neraca, serta akan mempengaruhi pengurangan modal perusahaan.

Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Pendanaan atau Pembiayaan
Contoh Cara Membuat Laporan Arus Kas Metode Langsung - Aktivitas Pendanaan atau Pembiayaan

Penyajian Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung

Setelah seluruh komponen aktivitasnya telah diperoleh, langkah berikutnya penyajian laporan arus kas metode langsung seperti berikut ini.

Contoh Cara Membuat Penyajian Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung
Contoh Cara Membuat Penyajian Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung

Membuat laporan arus kas metode langsung merupakan hal penting pada laporan keuangan. Hal ini mempengaruhi penerimaan, dan pengeluaran kas terhadap kesehatan keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Baca Juga : 9 Tips Menjaga Cash Flow atau Arus Kas Bisnis Lancar dan Sehat

Laporan arus kas, sangat berguna bagi perusahaan agar dapat mengetahui keputusan dan kinerja perusahaan dan dapat melihat berapa banyak pengeluaran atau pemasukan kas yang diperoleh.

Jadi, jika Anda memiliki kesulitan dalam menyajikan data keuangan seperti laporan arus kas, laba rugi, dan laporan posisi keuangan lainnya. atau ingin selalu terupdate atas setiap transaksi maupun secara real time.