Syarat dan Ketentuan & Kebijakan Privasi Chatat

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) ini bersama, kebijakan privasi (“Kebijakan Privasi”), pedoman komunitas (“Pedoman Komunitas”), dan segala peraturan atau kebijakan lain yang tersedia pada aplikasi Chatat merupakan perjanjian-perjanjian (“Perjanjian”) yang mengikat berdasarkan Hukum yang Berlaku (sebagaimana didefinisikan selanjutnya) antara Pengguna dan PT Azara Digital Indonesiaraya atau Chatat (sebagaimana didefinisikan selanjutnya).

Chatat mewajibkan Pengguna untuk membaca seluruh isi Perjanjian dan apabila Pengguna memiliki pertanyaan apapun mengenai Perjanjian, Pengguna dapat menghubungi Chatat melalui cs@chatat.id.

Layanan Chatat dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Chatat, keputusan pemerintah, kesan & saran dari Pengguna dan perubahan teknis dari sistem. Syarat-syarat ini tidak dimaksudkan untuk menjawab setiap pertanyaan atau menunjukkan setiap masalah yang dapat timbul dari penggunaan layanan Chatat. Chatat berhak untuk mengubah Syarat & Ketentuan ini kapan saja, dan mulai berlaku pada saat Syarat & Ketentuan yang baru atau yang telah direvisi di lampirkan pada Aplikasi (sebagaimana didefinisikan selanjutnya). Chatat berhak untuk mengubah atau menambah Syarat dan Ketentuan ini setiap saat. Jika Chatat melakukan perubahan materiil terhadap Syarat dan Ketentuan ini, Chatat akan memasang pemberitahuan pada Aplikasi. Setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan dipasang pada laman ini.

Dengan mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan Chatat, Pengguna menyatakan bahwa Pengguna sudah membaca, mengerti dan menyetujui Syarat & Ketentuan ini, dan dianggap memiliki wewenang untuk bertindak atas nama siapapun yang terdaftar untuk menggunakan layanan Chatat.

  1. Definisi
    1. “Afiliasi” berarti (i) pihak pengendali dari; (ii) anak perusahaan dari; atau (iii) pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan PT Azara Digital Indonesiaraya.
    2. “Aplikasi” berarti situs web Chatat di https://www.chatat.id, aplikasi mobile Chatat.id yang dikembangkan oleh PT Azara Digital Indonesiaraya, dan situs lainnya yang secara resmi Chatat kembangkan guna mendukung ekosistem Layanan.
    3. “Biaya Berlangganan Chatat” berarti biaya yang dibayarkan oleh Pengguna kepada Chatat untuk menggunakan Layanan.
    4. “Chatat” berarti PT Azara Digital Indonesiaraya, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, dan/ atau Afiliasi-nya.
    5. “Data Usaha” berarti data apapun yang Pengguna masukan atau dimasukan dengan kewenangan Pengguna kepada Aplikasi yang berkaitan dengan usaha Pengguna;
    6. “Hak Kekayaan Intelektual” berarti paten, merek dagang, merek jasa atau layanan, hak cipta, hak pada desain, pengetahuan, atau hak kekayaan intelektual atau industri lainnya, maupun terdaftar atau tidak terdaftar;
    7. “Hukum yang Berlaku” berarti setiap perundangan, undang-undang, kitab undang-undang, hukum (termasuk common law dan keadilan), peraturan, aturan, ordonansi, perintah, surat keputusan, amar putusan, penetapan, putusan atau keputusan dari Instansi Pemerintah mana pun.
    8. “Informasi Pribadi” berarti informasi mengenai Pengguna yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi, seperti nama, alamat, tanggal lahir dan pekerjaan (apabila Pengguna adalah seorang individu), data dan dokumen identitas perusahaan (apabila Pengguna bukan seorang individu), nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail), perizinan dan/atau sejenisnya, dan informasi lain yang mungkin dapat mengidentifikasi anda sebagai Pengguna Aplikasi.
    9. “Kebijakan Privasi” berarti kebijakan yang mengatur tentang cara Chatat mengumpulkan, mengolah, menggunakan, dan mengungkapkan data dan informasi Pengguna dalam Aplikasi.
    10. “Layanan” berarti berbagai produk dan/ atau jasa yang ditawarkan melalui Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kasir digital, pembukuan digital, dan solusi bisnis digitallainnya (dapat diubah atau diperbaharui dari waktu ke waktu) melalui Aplikasi.
    11. “OTP” berarti sistem kata sandi satu kali yang digunakan Pengguna untuk mendaftarkan diri pada Aplikasi.
    12. “Pengguna” berarti pihak yang terdaftar sebagai pelanggan Aplikasi untuk menggunakan Layanan yang disediakan di dalam Aplikasi.
    13. “Perjanjian” berarti Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, Pedoman Komunitas, dan segala peraturan atau kebijakan lain yang tersedia pada Aplikasi, termasuk semua syarat dan ketentuan, serta kebijakan tambahan atau modifikasi lain yang berkaitan dengan Aplikasi atau segala layanan yang tersedia saat ini atau yang mungkin ditawarkan oleh Chatat di masa depan. Perjanjian ini diterbitkan sesuai dengan Ketentuan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan semua peraturan pelaksanaannya dan perubahannya. Perjanjian ini adalah bukti rekam secara elektronik yang dihasilkan oleh sistem komputer dan tidak memerlukan tanda tangan fisik atau digital.
    14. “Pin Otorisasi” berarti kode sandi yang Pengguna buat dengan tujuan untuk menggunakan dan menjalankan fitur-fitur tertentu secara terbatas pada Aplikasi.
    15. “Syarat dan Ketentuan” berarti ketentuan penggunaan atau prosedur standar operasi atau ketentuan lainnya sehubungan dengan Aplikasi yang dikembangkan oleh Chatat.
    16. “Undang-Undang Hak Cipta” berarti Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.
  2. Penggunaan Aplikasi dan Layanan
    1. Pendaftaran
      1. Pengguna dapat mendaftar akun dengan menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dan memberikan informasi sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, termasuk nomor ponsel atau alamat email terdaftar Pengguna sebagai syarat terdaftar untuk menggunakan Aplikasi. Pengguna akan diverifikasi oleh Chatat menggunakan OTP. Setelah berhasil memverifikasi OTP, sebuah akun akan dibuat untuk Pengguna.
      2. Akun Pengguna hanya dapat digunakan oleh Pengguna itu sendiri secara pribadi. Pengguna dilarang menyatakan diri sebagai pihak lain. Dengan membuat akun setelah memberikan nomor ponsel atau alamat email dan memverifikasinya menggunakan OTP, Pengguna menyatakan telah memiliki wewenang untuk menggunakan Aplikasi dan akan mematuhi Perjanjian.
      3. Segera setelah Pengguna memiliki akun dan melakukan log-in, Pengguna akan diminta untuk mengatur Pin Otorisasi. Pin Otorisasi akan digunakan untuk melakukan otorisasi dan persetujuan atas dilakukannya fitur-fitur tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan transaksi. Dengan memasukkan Pin Otorisasi, Pengguna secara sadar telah setuju bahwa segala akibat dari dilakukannya fitur tersebut telah menjadi tanggung jawab Pengguna.
    2. Akses Akun
      1. Pengguna yang membuat akun Chatat dan mendapat tagihan Biaya Berlangganan Chatat untuk dapat menggunakan Layanan, memiliki akses dan kontrol atas akun Chatat milik Pengguna serta bertanggung jawab atas segala aktivitas yang terjadi melalui akun Pengguna miliknya sendiri. Untuk menjaga kendali atas akun dan mencegah siapapun dapat mengakses akun (yang akan mencakup informasi tentang melihat riwayat akun). Pengguna bertanggung jawab atas kendali dan akses Layanan dan tidak mengungkapkan OTP, Pin Otorisasi, atau informasi metode pembayaran kepada siapapun.
      2. Pihak resmi Chatat tidak pernah meminta kode OTP Pengguna. Pengguna disarankan untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak manapun.
  3. Ketersediaan Layanan
    1. Chatat menyediakan layanan perangkat lunak luar jaringan terkait solusi bisnis digital. Perangkat lunak luar jaringan yang disediakan dalam Aplikasi memuat Layanan. Chatat juga menyediakan wadah bagi Pengguna untuk dapat mencari jasa yang disediakan pihak ketiga untuk membantu kepentingan bisnis Pengguna. Chatat berupaya memberikan informasi terkini dan akurat dan karenanya Chatat berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menghapus, menambah isi dari perangkat lunak luar jaringan tersebut. Pengguna memahami bahwa perangkat lunak luar jaringan dalam Aplikasi yang dipersiapkan sebagai informasi umum dan bersifat memberi pandangan semata, untuk membantu Pengguna dalam Layanan sesuai kebutuhan Pengguna. Chatat tidak bersifat mengikat dan tidak mengharuskan Pengguna mengikuti analisa ataupun informasi dari Chatat.
    2. Chatat menyediakan layanan dukungan bagi Aplikasi sebagai berikut:
      1. Layanan Chat:
        Hari Senin - Jumat
        Pukul 9:00 – 17:00
      2. Layanan Telepon:
        Hari Senin - Jumat
        Pukul 9:00 – 17:00
      3. Layanan Email:
        Hari Senin - Jumat
        Pukul 9:00 – 17:00
    3. Chatat akan membalas layanan dukungan yang diterima di luar jam kerja dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam setelah diterima oleh sistem Chatat.
  4. Kewajiban Pengguna
    1. Kewajiban Umum
      1. Pengguna harus memastikan hanya memakai Layanan pada Aplikasi untuk keperluan Pengguna yang benar dan secara sah, dengan Syarat dan Ketentuan dan pemberitahuan yang diumumkan oleh Chatat atau ketentuan yang tercantum di Aplikasi. Pengguna boleh memakai Layanan dan Aplikasi atas nama orang atau badan lain, atau untuk memberi Layanan kepada mereka, tetapi Pengguna harus memastikan bahwa Pengguna mempunyai wewenang untuk melakukannya, dan semua pihak yang menerima Layanan melalui Pengguna memenuhi dan menyetujui semua syarat dalam Syarat dan Ketentuan ini yang berlaku kepada Pengguna;
      2. Pengguna berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan akun termasuk OTP dan Pin Otorisasi, serta bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang diatasnamakan nama akun Pengguna. Chatat tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan akun, manipulasi data, penghapusan data, maupun pemblokiran akun akibat kelalaian Pengguna dalam menjaga dan mengelola akun, serta kebocoran akun Pengguna akibat kelalaian Pengguna dalam menyimpan, mengingat, atau membagikan informasi atas akun kepada pihak lain. Pengguna setuju untuk segera memberitahukan kepada Chatat setiap adanya dugaan penggunaan yang tidak sah atau tidak valid dengan pengatasnamaan nama akun Pengguna.
    2. Kewajiban Pembayaran
      1. Untuk dapat menggunakan Layanan, Pengguna dapat berlangganan dengan membayar Biaya Berlangganan Chatat yang tertera pada Aplikasi, sebagaimana dapat diubah sewaktu-waktu oleh Chatat.
      2. Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui pihak ketiga yang menyediakan layanan pembayaran yang memiliki izin dari instansi terkait di Republik Indonesia.
      3. Pengguna setuju bahwa transaksi atau aktivitas Pengguna dengan pihak ketiga terkait, termasuk penyedia layanan pembayaran yang memiliki izin dari instansi terkait di Republik Indonesia, menjadi tanggung jawab antara Pengguna dan pihak ketiga tersebut. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa transaksi dan penggunaan layanan pihak ketiga tersebut akan mengikuti syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak ketiga tersebut.
  5. Kewajiban Chatat
  6. Chatat berkewajiban untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola dan merawat Aplikasi serta Layanan agar dapat digunakan dengan baik dan lancar. Chatat dengan ini berkewajiban untuk dapat memberikan bantuan teknis dan/atau operasional kepada Pengguna dalam hal terjadi gangguan yang masih termasuk dalam batas kewajaran sesuai dengan standar servis Chatat, termasuk memberikan edukasi terkait penggunaan Aplikasi dan Layanan.

  7. Kerahasiaan dan Privasi
    1. Kerahasiaan
    2. Kecuali sebagaimana diatur lain dalam Kebijakan Privasi, Chatat akan menjaga kerahasiaan Data Usaha dan Informasi Pribadi dan tidak akan membagikannya kepada para pihak ketiga, kecuali Chatat meyakini dengan itikad baik bahwa pengungkapan Data Usaha dan Informasi Pribadi atau setiap informasi lainnya yang Chatat kumpulkan mengenai Pengguna dibutuhkan untuk:

      1. Mematuhi putusan pengadilan atau proses hukum lainnya;
      2. Melindungi hak, properti atau keselamatan Chatat;
      3. Memberlakukan Perjanjian, termasuk Syarat dan Ketentuan;
      4. Menanggapi klaim-klaim bahwa terdapat posting atau konten lainnya yang melanggar hak-hak para pihak ketiga; atau
      5. Penggunaan yang diperbolehkan berdasarkan Kebijakan Privasi.
    3. Privasi
    4. Pengguna menyetujui Kebijakan Privasi Chatat yang berlaku yang dapat dibaca pada tautan ini, dan segala perubahan yang dipublikasikan oleh Chatat. Pengguna setuju bahwa Chatat dapat menggunakan dan mengelola Data Usaha dan Informasi Personal Pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi, sebagai bagian dari Layanan. Pengguna memberikan izin kepada Chatat untuk menggabungkan informasi yang Pengguna masukkan atau unggah untuk Layanan dengan pengguna Layanan lainnya dan/atau layanan Chatat lainnya.

  8. Hak Kekayaan Intelektual
    1. Kepemilikan dan semua Hak Kekayaan Intelektual yang disediakan Chatat pada Layanan, Aplikasi, dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Layanan termasuk tulisan, gambar dan video pada Aplikasi tetap menjadi hak milik Chatat dan dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta dan peraturan lain yang terkait.
    2. Pengguna dapat mengunggah konten termasuk tulisan, gambar dan video selain Data Usaha pada Aplikasi, kepemilikan dan semua Hak Kekayaan Intelektual atas konten tersebut tetap menjadi hak milik Pengguna yang mengunggahnya dan dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta dan peraturan lain yang terkait.
    3. Setiap orang dilarang untuk menggunakan konten di luar ketentuan yang diperbolehkan secara tegas oleh Syarat dan Ketentuan ini serta peraturan perundang-undangan, termasuk menggandakan, mendistribusikan, mengubah, menyiarkan, menggunakan kembali, memindahkan ataupun membuat karya derivatif konten pada Aplikasi dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Layanan tanpa izin tertulis dari Chatat.
    4. Secara tegas disepakati di antara Pengguna dan Chatat bahwa Perjanjian ini sama sekali tidak memberikan pihak mana pun, baik tersurat maupun tersirat, kepemilikan, atau kepentingan lain apa pun dalam kekayaan intelektual milik pihak lain yang mungkin termasuk atau terkandung di dalamnya. Telah dipahami bahwa kekayaan intelektual tersebut akan selalu menjadi milik eksklusif dari masing-masing pihak dan pihak tersebut akan mempertahankan semua niat baik yang ditanamkan melalui penggunaan kekayaan intelektual.
  9. Tanggung Jawab Pengguna
    1. Pengguna bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Pengguna buat untuk menggunakan dan mengakses Aplikasi. Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari penggunaan Aplikasi, baik oleh Pengguna atau pihak yang diotorisasi oleh Pengguna untuk menggunakan akun Pengguna, dengan cara yang bertentangan dengan Perjanjian serta seluruh syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Chatat, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk apapun, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi Chatat.
    2. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga keamanan akun Pengguna, termasuk juga pada OTP dan Pin Otorisasi. Chatat tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi akibat kegagalan menjaga keamanan akun Pengguna. Chatat juga dibebaskan dari tanggung jawab atas segala kerusakan, kerugian, atau risiko apapun yang akan terjadi sehubungan dengan penggunaan Data Usaha dan Informasi Pribadi untuk mengakses situs pihak ketiga yang tertaut dari Aplikasi dan/atau Layanan. Pengguna setuju bahwa Chatat tidak bertanggung jawab, secara langsung atau tidak langsung, untuk setiap kerusakan atau kerugian yang disebabkan atau diduga disebabkan oleh atau sehubungan dengan penggunaan atau kepercayaan pada konten, barang atau layanan yang tersedia di atau melalui situs atau sumber daya milik pihak ketiga tersebut. Pengguna akan membebaskan Chatat dari semua bentuk pertanggungjawaban, tindakan, proses, tuntutan, dan biaya dari hal-hal tersebut diatas.
    3. Pengguna tetap memiliki tanggung jawab untuk mematuhi semua peraturan perundang-undangan terkait dengan akuntansi, perpajakan, dan lainnya yang berlaku. Menjadi tanggung jawab Pengguna untuk memeriksa bahwa penyimpanan dan akses kepada Data Usaha dan Informasi Personal Pribadi melalui Layanan pada Aplikasi tetap mematuhi undang-undang yang berlaku kepada Pengguna (termasuk undang-undang apapun yang membutuhkan Pengguna untuk menyimpan arsip).
    4. Pengguna menyetujui dan bertanggung jawab atas seluruh beban Data Usaha dan Informasi Personal Pribadi yang Pengguna unggah melalui penggunaan Aplikasi.
    5. Pengguna menjamin dan memastikan bahwa Pengguna hanya akan mengakses dan menggunakan Layanan sesuai dengan fungsi dan peruntukkan Aplikasi. Pengguna tidak akan menggunakan dan/atau memanfaatkan Layanan untuk tujuan yang melawan norma, etika serta aturan Hukum yang Berlaku.
  10. Batasan Tanggung Jawab
    1. Penggunaan anda terhadap Aplikasi, sepenuhnya adalah pilihan dan risiko Pengguna sendiri dan Chatat terbebas dari tanggung jawab atas segala kerusakan, biaya, denda, hukuman atau kewajiban apapun, baik secara langsung, tidak langsung, insidental, konsekuensial, khusus, ganti rugi secara uang maupun kerusakan, yang timbul dari atau terkait dengan penggunaan Pengguna terhadap Aplikasi atau konten apapun di dalamnya.
    2. Jika Pengguna mengalami kerugian atau kerusakan apapun karena kelalaian atau kegagalan Chatat untuk memenuhi ketentuan ini, klaim apapun dari Pengguna kepada Chatat yang timbul dari kegagalan atau kelalaian tersebut akan dibataskan mengenai satu kejadian, atau serangkaian kejadian yang terhubung, kepada Biaya Berlangganan Chatat yang sudah Pengguna lunaskan dalam batas maksimal 12 bulan sebelumnya.
    3. Pengguna membebaskan Chatat dari semua: tuntutan, gugatan, biaya kerugian,kerusakan, dan kehilangan yang timbul sebagai hasil dari pelanggaran Pengguna kepada Syarat dan Ketentuan yang tertera, atau kewajiban apapun yang Pengguna miliki kepada Chatat, termasuk namun tidak terbatas kepada biaya apapun yang berkaitan dengan Biaya Berlangganan Chatat yang sudah jatuh tempo tetapi belum Pengguna bayar.
    4. Chatat dapat mempekerjakan atau bekerja sama dengan pihak ketiga, baik badan hukum maupun perseorangan untuk memfasilitasi atau memberikan bantuan pengembangan Aplikasi dan layanan-layanan tertentu untuk dan/atau atas nama Chatat. Chatat tidak memiliki kendali atas kerusakan atau kerugian Pengguna yang terjadi karena kelalaian pihak ketiga tersebut. Chatat tidak dapat bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan jasa pihak ketiga tersebut.
    5. Pengguna dapat menghentikan akses ke Aplikasi kapanpun jika Pengguna tidak puas terhadap Layanan pada Aplikasi.
  11. Pengecualian (Disclaimer)
    1. Ketiadaan Jaminan
    2. Konten yang diberikan melalui Aplikasi dapat mencakup ketidaktepatan teknis atau kesalahan penulisan. Chatat dapat melakukan perubahan atau perbaikan terhadap Aplikasi di setiap waktu. Konten atau informasi yang tersedia di Aplikasi diberikan sesuai keadaan dan sebagaimana tersedia, tanpa jaminan apapun baik tersurat maupun tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada:

      1. fungsi-fungsi yang tercantum dalam Aplikasi tidak akan ada gangguan atau bebas dari kesalahan;
      2. kecacatan (jika ada) pada Aplikasi akan diperbaiki;
      3. Aplikasi tersedia secara terus-menerus atau setidaknya tersedia;
      4. Aplikasi selalu berhasil dijalankan dalam keadaan apapun;
      5. kemampuan pribadi Pengguna untuk menggunakan Aplikasi;
      6. kepuasan Pengguna atas penggunaan Aplikasi;
      7. keakuratan data yang disediakan oleh Aplikasi;
      8. keamanan dan privasi data Pengguna;
      9. bahwa seluruh bugs atau kesalahan sehubungan dengan Aplikasi akan diperbaiki;
      10. bahwa Aplikasi akan kompatibel dengan seluruh perangkat dan jaringan;
      11. bahwa Aplikasi dan kontennya dapat diakses di setiap lokasi;
      12. ahwa Aplikasi dan kontennya akan selalu aman dan tidak rentan terhadap pelanggaran keamanan.
    3. Aplikasi dapat menyediakan tautan ke situs web atau sumber lain yang disediakan oleh Pihak Ketiga. Chatat tidak memiliki kendali atas situs web pihak ketiga atau sumber lain tersebut. Kami tidak dapat bertanggung jawab atau berkewajiban atas konten maupun kehilangan atau kerusakan yang mungkin timbul dari penggunaan Pengguna atas situs atau sumber lain tersebut. Akses atau penggunaan Pengguna terhadap konten pihak ketiga merupakan bentuk persetujuan Pengguna untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditetapkan oleh pihak ketiga tersebut.
    4. Chatat dapat menghentikan penyediaan Aplikasi (atau sebagian dari Aplikasi) secara tetap atau sementara untuk Pengguna. Chatat dapat mengubah sifat dari Aplikasi dan/atau Syarat dan Ketentuan ini menurut diskresi Chatat dengan memasang Syarat dan Ketentuan versi terbaru pada Aplikasi.
    5. Chatat akan menghapus Data Usaha, Informasi Pribadi, dan data-data lainnya milik Pengguna apabila Pengguna tidak melakukan pembayaran atas Biaya Berlangganan Chatat selama 365 (tiga ratus enam puluh lima) hari berturut-turut.
    6. Chatat menyediakan Layanan yang dapat membantu kepentingan bisnis Pengguna. Chatat bukan merupakan kantor akuntan publik dan bukan akuntan Pengguna, dan penggunaan Layanan bukan merupakan penerimaan nasihat akunting. Jika Pengguna memiliki pertanyaan akunting, harap hubungi seorang akuntan.
  12. Keadaan Memaksa (Force Majeure)
  13. Chatat tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan, baik secara langsung atau tidak langsung, yang timbul dari peristiwa Force Majeure atau keadaan serupa lainnya kepada Pengguna sebagai akibat dari penggunaan layanan yang ditawarkan oleh Chatat pada Aplikasi. Force Majeure termasuk namun tidak terbatas pada sengketa perburuhan yang sedang atau berpotensi terjadi, keputusan pemerintah, perang atau ancaman perang, sabotase, embargo, mogok kerja masal, perubahan drastis politik/ekonomi, kerusuhan sipil, demonstrasi, kebakaran, badai, banjir, gempa bumi, ledakan, bancana alam/non-alam yang ditetapkan oleh instansi pemerintah, peraturan atau batasan terhadap bahan atau sumber daya, wabah, epidemi, pandemi, ketidakmampuan untuk mendapatkan otorisasi, kecelakaan, dan kerusakan pada aliran listrik atau jaringan telekomunikasi yang mempengaruhi kemampuan Chatat untuk menyediakan layanan pada Aplikasi. Chatat berhak menangguhkan atau membatasi Aplikasi sampai pemberitahuan selanjutnya apabila terjadi Force Majeure atau peristiwa lain di luar kendali Chatat yang menghalangi, menunda atau mempersulit pemeliharaan Aplikasi.

  14. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan
    1. Perjanjian dan setiap hubungan non-kontraktual yang timbul karenanya diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.
    2. Seluruh perselisihan yang timbul dari, atau bersinggungan atau terkait dengan Perjanjian ini, termasuk interpretasi dan validitas setiap ketentuan, hak serta kewajiban masing-masing pihak, akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia.
    3. Segala perselisihan yang timbul dari Perjanjian ini yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah antara Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah tanggal perselisihan tersebut timbul akan dilanjutkan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia di Wahana Graha Lt. 1 & 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12760, sesuai dengan peraturan arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang berlaku pada saat arbitrase tersebut dimulai. Arbitrase akan dilakukan dengan tiga arbiter, satu yang akan ditunjuk oleh masing-masing Pihak dan keduanya akan menunjuk arbiter ketiga.
  15. Tidak ada Pengesampingan
  16. Pengesampingan, penundaan atau kegagalan Chatat dalam mengajukan klaim kepada Pengguna atas pelanggaran ketentuan manapun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak Chatat yang disediakan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  17. Keterpisahan
  18. Jika ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini dinyatakan ditentukan sebagai ketentuan yang tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, secara seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip hukum manapun, bahwa ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini namun demikian legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.

  19. Perubahan
  20. Syarat dan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Chatat. Chatat akan memberitahu seluruh Pengguna mengenai segala perubahan penting atas Syarat dan Ketentuan ini melalui pemberitahuan pada Aplikasi. Namun, Pengguna harus memeriksa Syarat dan Ketentuan ini secara berkala untuk memeriksa perubahan apa pun. Ketika perubahan dibuat, Chatat akan merevisi tanggal yang diperbarui di bagian bawah halaman ini. Persetujuan terhadap Syarat dan Ketentuan ini serta penggunaan dalam mengakses Layanan secara berkelanjutan oleh Pengguna, merupakan persetujuan dan penerimaan Pengguna atas segala perubahan. Jika Pengguna ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Pengguna harus berhenti mengakses atau menggunakan Chatat.

  21. Pengakhiran Penggunaan
    1. Akses Pengguna kepada Aplikasi dapat dihentikan jika:
      1. Pengguna secara sukarela menghapus Aplikasi dari perangkat Pengguna;
      2. Pengguna secara sadar atau tidak sadar menyebabkan pelanggaranlangsung atau tidak langsung, sebagaimana dipastikan oleh Chatat, terhadap Perjanjian secara keseluruhan atau sebagian; atau
      3. Pengguna tidak membayarkan Biaya Berlangganan dan/atau biaya lainnya yang wajib dibayar (apabila ada), dalam hal Chatat memberlakukan bayaran untuk penggunaan Aplikasi.
    2. Chatat dapat menghentikan akses Pengguna ke Aplikasi apabila:
      1. Chatat diwajibkan untuk melakukannya menurut Hukum yang Berlaku termasuk, apabila akses ke dan/atau penyediaan Aplikasi untuk Pengguna menjadi melanggar Hukum yang Berlaku;
      2. Pihak ketiga (bila ada) dengan siapa Chatat menawarkan Aplikasi kepada Pengguna telah mengakhiri hubungannya dengan Chatat atau tidak lagi menawarkan layanan-layanan terkait kepada Chatat atau Pengguna;
      3. Penyediaan Aplikasi kepada Pengguna, tidak lagi menguntungkan atau tidak layak secara komersial bagi Chatat; atau
      4. Pengguna berulang kali melanggar Perjanjian ini.
    3. Chatat dapat mengakhiri Perjanjian ini setiap waktu dan/atau melarang Pengguna untuk menggunakan Aplikasi di masa mendatang, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna.
    4. Pengguna dapat mengakhiri Perjanjian ini di setiap waktu dengan mengakhiri Akses Pengguna ke Aplikasi. Namun, kewajiban-kewajiban Pengguna menurut Perjanjian ini akan terus berlaku bahkan setelah pengakhiran tersebut.
    5. Saat Perjanjian ini berakhir, seluruh hak, kewajiban dan tanggung jawab hukum yang telah Pengguna dan Chatat dapatkan, atau yang telah diperoleh selama Perjanjian berlaku atau yang dinyatakan untuk terus belanjut tanpa batas waktu, tidak akan diakhiri, dan akan terus berlaku atas hak-hak, kewajiban dan tanggung jawab tersebut tanpa batas waktu.
  22. Lain-lain
    1. Jika sewaktu-waktu, suatu ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan hukum dari yurisdiksi manapun, maka keabsahan, keberlakuan atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya maupun keabsahan, keberlakuan atau pelaksanaan dari ketentuan tersebut berdasarkan hukum dari yurisdiksi lain tidak akan menjadi terpengaruh atau terganggu.
    2. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengalihkan hak dan kewajiban Pengguna, baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Chatat. Namun, Chatat dapat mengalihkan hak Chatat berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini setiap saat kepada Afiliasi Chatat dan/atau pihak ketiga yang Chatat tunjuk tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
    3. Chatat tidak menjanjikan adanya eksklufitas dan karenanya Chatat memiliki hak untuk memberikan Layanan kepada setiap pesaing Pengguna. Apabila diperlukan, Chatat juga memiliki hak untuk meminta dokumen legalitas tambahan, surat pernyataan dan/atau dokumen pendukung lainnya yang berhubungan dengan Pengguna dan/atau kegiatan usaha Pengguna.
    4. Pengguna setuju dan sepakat bahwa segala perubahan, amandemen atas Syarat dan Ketentuan ini dapat dilakukan oleh Chatat atas dasar pertimbangan Chatat sendiri. Perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku setelah Chatat mengumumkan perubahan atas Syarat dan Ketentuan tersebut melalui sarana apapun yang dipilih oleh Chatat. Dengan melanjutkan akses dan penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan, maka Pengguna akan dianggap telah menyetujui perubahan atau amandemen tersebut dan setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang sebagaimana telah diubah atau ditambahkan.
    5. Pengguna setuju dan sepakat bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol “sign up” pada saat pembukaan akun atau tombol “sign in” pada saat akan mengakses akun merupakan persetujuan aktif Pengguna untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian dengan Chatat sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan oleh Pengguna.
    6. Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Perjanjian ini dalam bentuk kontrak elektronik.
    7. Bila Pengguna tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan Chatat tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti Chatat mengesampingkan hak Chatat untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.

Kebijakan Privasi

PT Azara Digital Indonesiaraya atau Chatat (sebagaimana didefinisikan selanjutnya) memiliki komitmen tinggi terhadap perlindungan data Pengguna. Chatat bertanggung jawab untuk menegakkan prinsip-prinsip pengurusan data dengan integritas yang penuh, dimana Chatat selalu menjadikan keamanan data Pengguna menjadi prioritas utama Chatat. Untuk itu, keamanan data Pengguna (serta data lainnya yang Pengguna percayakan kepada Chatat) adalah hal yang terpenting untuk Chatat.

Kebijakan privasi ini (selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”) mengatur tentang cara Chatat mengumpulkan dan menggunakan data Pengguna dalam Aplikasi (sebagaimana didefinisikan selanjutnya). Dengan menggunakan Aplikasi, Pengguna telah menyetujui dan terikat dengan hal-hal yang telah terdapat dalam Kebijakan ini. Oleh karena itu, Chatat berharap Pengguna membaca Kebijakan ini untuk memastikan bahwa Pengguna mengerti bagaimana cara Chatat menangani data Pengguna.

Akses kepada Layanan yang tersedia melalui Aplikasi bergantung pada persetujuan Pengguna atas Kebijakan Privasi ini yang sebaiknya dibaca bersama-sama dengan Syarat dan Ketentuan. Pengguna menerima bahwa Kebijakan Privasi ini, bersama-sama dengan Syarat dan Ketentuan, membentuk perjanjian Chatat bersama Pengguna sehubungan dengan penggunaan Aplikasi oleh Pengguna (“Perjanjian”).

  1. Definisi
    1. “Afiliasi” berarti i) pihak pengendali dari; (ii) anak perusahaan dari; atau (iii) pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan PT Azara Digital Indonesiaraya.
    2. “Aplikasi” berarti situs web Chatat di https://www.chatat.id, aplikasi mobile Chatat.id yang dikembangkan oleh PT Azara Digital Indonesiaraya di platform Android maupun iOS, dan situs lainnya yang secara resmi Chatat kembangkan guna mendukung ekosistem Layanan.
    3. “Chatat” berarti PT Azara Digital Indonesiaraya, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, dan/ atau Afiliasi-nya.
    4. “Cookies” berarti alat elektronik untuk mengumpulkan informasi untuk memberikan kepada masing-masing pengunjung suatu nomor unik, acak sebagai suatu identifikasi Pengguna (user identification) untuk memahami kepentingan-kepentingan individual Pengguna dengan menggunakan komputer yang teridentifikasi.
    5. “Data Usaha” berarti data apapun yang Pengguna masukan atau dimasukan dengan kewenangan Pengguna kepada Aplikasi yang berkaitan dengan usaha Pengguna.
    6. “Firewall” berarti dinding pelindung yang merupakan sistem keamanan yang berguna untuk melindungi akses Pengguna dari berbagai ancaman di jaringan internet.
    7. “Geo-location” berarti sistem identifikasi lokasi geografis dunia nyata atas suatu objek, seperti sumber radar, ponsel atau terminal komputer yang tersambung ke internet yang digunakan untuk mengakses Aplikasi.
    8. “Informasi Pribadi” berarti informasi mengenai Pengguna yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi, seperti nama, alamat, tanggal lahir dan pekerjaan (apabila Pengguna adalah seorang individu), data dan dokumen identitas perusahaan (apabila Pengguna bukan seorang individu), nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail), perizinan dan/atau sejenisnya, dan informasi lain yang mungkin dapat mengidentifikasi anda sebagai Pengguna Aplikasi.
    9. “Kebijakan Privasi” berarti kebijakan yang mengatur tentang cara Chatat mengumpulkan, mengolah, menggunakan, dan mengungkapkan data dan informasi Pengguna dalam Aplikasi.
    10. “Layanan” berarti berbagai produk dan/ atau jasa yang ditawarkan melalui Aplikasi.
    11. “OTP” berarti sistem kata sandi satu kali yang digunakan Pengguna untuk mendaftarkan diri pada Aplikasi.
    12. “Pengguna” berarti pihak yang terdaftar sebagai pelanggan Aplikasi untuk menggunakan Layanan yang disediakan di dalam Aplikasi.
    13. “Perjanjian” berarti Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi ini, Pedoman Komunitas, dan segala peraturan atau kebijakan lain yang tersedia pada Aplikasi, termasuk semua syarat dan ketentuan, serta kebijakan tambahan atau modifikasi lain yang berkaitan dengan Aplikasi atau segala layanan yang tersedia saat ini atau yang mungkin ditawarkan oleh Chatat di masa depan. Perjanjian ini diterbitkan sesuai dengan Ketentuan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan semua peraturan pelaksanaannya dan perubahannya. Perjanjian ini adalah bukti rekam secara elektronik yang dihasilkan oleh sistem komputer dan tidak memerlukan tanda tangan fisik atau digital.
    14. “Pin Otorisasi” berarti kode sandi yang Pengguna buat dengan tujuan untuk menjalankan fitur-fitur tertentu secara terbatas pada Aplikasi.
    15. “Syarat dan Ketentuan” berarti ketentuan penggunaan atau prosedur standar operasi atau ketentuan lainnya sehubungan dengan Aplikasi yang dikembangkan oleh Chatat.
  2. Informasi yang Chatat kumpulkan (data collection)
    1. Chatat mengumpulkan Informasi Pribadi tertentu dari Pengguna agar Aplikasi dapat menjalankan fungsinya baik untuk penggunaan Layanan atau fungsi lainnya yang diperlukan untuk mendukung ekosistem Layanan. Informasi Pribadi dapat Pengguna berikan secara langsung (sebagai contoh, data saat Pengguna mendaftar sebagai pengguna Aplikasi seperti nama, alamat email atau nomor telepon, dan keterangan lainnya) maupun terkumpul secara otomatis ketika Pengguna menggunakan Aplikasi.
    2. Ketika Pengguna mengunjungi Aplikasi, administrator Aplikasi akan memproses data teknis seperti alamat protokol internet (internet protocol address) Pengguna, halaman web yang pernah Pengguna kunjungi, browser internet yang Pengguna gunakan, halaman web yang sebelumnya/ selanjutnya Pengguna kunjungi dan durasi setiap kunjungan/ sesi yang memungkinkan Chatat untuk mengirimkan fungsi-fungsi Aplikasi. Sebagai tambahan, dalam beberapa hal, browser dapat menyarankan Pengguna agar mengaktifkan fungsi Geo-location Pengguna untuk memungkinkan Chatat memberikan Pengguna suatu pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan internet dan/ atau Aplikasi. Dengan data teknis ini administrator-administrator Aplikasi dapat mengelola Aplikasi, misalnya dengan menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau memperbaiki kemampuan akses bagian-bagian tertentu dari Aplikasi. Dengan cara ini, Chatat dapat memastikan bahwa Pengguna dapat terus menemukan informasi pada Aplikasi dengan cara yang cepat dan sederhana.
    3. Chatat dapat mengumpulkan informasi dari kesan, pesan, kritik, dan saran yang diberikan Pengguna, pembicaraan melalui chat dan interaksi lainnya di Aplikasi,dan/atau seluruh data yang Pengguna masukkan ke dalam Aplikasi.
  3. Informasi yang Pengguna Berikan Secara Langsung
    1. Pada saat mendaftar pada Aplikasi, Pengguna akan memberikan kepada Chatat Informasi Pribadi tertentu sesuai Syarat dan Ketentuan yang disyaratkan.
    2. Ketika Pengguna menggunakan Aplikasi untuk menggunakan atau mengelola suatu Layanan, Pengguna harus memberikan informasi relevan. Ketika Pengguna menggunakan Aplikasi, Chatat juga akan memproses data teknis Pengguna seperti, internet protocol address, identitas (ID) perangkat internet dan informasi mengenai pabrikan, model, dan sistem operasi dari perangkat yang Pengguna gunakan untuk mengakses Aplikasi. Chatat menggunakan data ini untuk memungkinkan Chatat untuk mengirimkan fungsi-fungsi dari Aplikasi, menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis, menyediakan bagi Pengguna versi Aplikasi yang benar dan terkini serta untuk meningkatkan fungsi Aplikasi.
    3. Pengguna dapat memberikan kode rujukan (referral code) kepada pihak lain melalui Aplikasi, dalam bentuk suatu pesan yang Chatat siapkan untuk Pengguna kirimkan atau terbitkan melalui fasilitas pengiriman pesan elektronik atau melalui penyedia media sosial. Pengguna tidak dapat mengubah kalimat pesan yang telah Chatat siapkan sebelum Pengguna mengirimkannya. Chatat tidak akan mengumpulkan data pihak yang Pengguna kirimi pesan tersebut.
    4. Chatat akan mengumpulkan informasi pada saat Pengguna memasukkan informasi dalam bentuk apapun dalam Aplikasi, pada saat menghubungi tim customer serviceChatat, dan pada saat mengakses Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kesan, pesan, kritik, dan saran dari Pengguna, pembicaraan melalui chat, dan interaksi lainnya di Aplikasi. Data yang Pengguna masukkan adalah data Pengguna sendiri yang Pengguna anggap benar, dan Pengguna bertanggung jawab penuh atas segala data yang Pengguna masukkan dalam Aplikasi.
  4. Penggunaan Data Usaha dan Informasi Pribadi
    1. Chatat menggunakan alamat surat elektronik (e-mail), nama, nomor telepon, dan/atau OTP dan/atau Pin Otorisasi akun Pengguna untuk tujuan verifikasi kepemilikan Pengguna atas suatu akun dalam Aplikasi, untuk berkomunikasi dengan Pengguna sehubungan dengan penggunaan atau pengelolaan Layanan dan untuk memberikan Pengguna informasi mengenai Aplikasi. Chatat juga dapat menggunakan nama, alamat surat elektronik (e-mail) atau nomor telepon Pengguna untuk mengirimkan pesan, pembaharuan yang bersifat umum atas Aplikasi, penawaran-penawaran khusus atau promosi-promosi. Chatat juga akan mengirimkan surat elektronik (e-mail) kepada Pengguna yang meminta Pengguna untuk berlangganan daftar surat menyurat (mailing list) Chatat. Pengguna dapat setiap saat memilih untuk tidak menerima informasi mengenai pembaharuan ini.
    2. Chatat menggunakan Informasi Pribadi secara keseluruhan untuk menganalisa pola penggunaan Aplikasi. Pengguna dengan ini setuju bahwa data Pengguna akan digunakan oleh sistem pemrosesan data internal Chatat untuk memastikan diberikannya fungsi yang terbaik dalam Aplikasi untuk Pengguna.
    3. Chatat sangat menyarankan Pengguna untuk menyimpan salinan semua Data Usaha dan Informasi Pribadi yang Pengguna masukan ke dalam Layanan. Chatat mematuhi kebijakan dan menjalani prosedur terbaik untuk mencegah kehilangan data, termasuk rutinitas sistem harian untuk back-up data, tetapi tidak membuat jaminan apapun bahwa tidak akan pernah adanya kehilangan Data Usaha dan Informasi Pribadi. Chatat dengan jelas mengesampingkan tanggung jawab untuk setiap kehilangan Data Usaha dan Informasi Pribadi tersebut dengan sebab apapun.
  5. Pemberian Informasi yang Chatat Kumpulkan
    1. Setiap data yang Pengguna masukkan ke dalam Aplikasi dapat Chatat gunakan, termasuk namun tidak terbatas untuk:
    2. Chatat juga dapat mengumpulkan dan menggunakan data Pengguna yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pribadi, untuk:
    3. Chatat dapat mempekerjakan atau bekerja sama dengan pihak ketiga, baik badan hukum maupun orang perorangan untuk memfasilitasi atau memberikan bantuan pengembangan Aplikasi dan layanan-layanan tertentu untuk dan/atau atas nama Chatat, diantaranya adalah; (i) memberikan bantuan kepada Pengguna; (ii) melaksanakan Layanan terkait dengan Aplikasi (termasuk namun tidak terbatas pada layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis web dan penyempurnaan fitur-fitur Aplikasi); (iii) membantu Chatat dalam menganalisa bagaimana Aplikasi dan Layanan digunakan serta bagaimana pengembangannya; atau (iv) untuk membantu penasihat profesional dan auditor eksternal Chatat, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas Informasi Pribadi untuk melakukan tugas-tugas tersebut untuk dan/ atau atas nama Chatat dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun.
    4. Chatat tidak membagikan Informasi Pribadi kepada pihak manapun selain kepada pihak ketiga yang disebutkan dalam angka 5.3 di atas, tanpa persetujuan dari Pengguna. Namun demikian, Chatat akan mengungkapkan Informasi Pribadi sepanjang diwajibkan secara hukum, atau diperlukan untuk tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan, institusi pemerintah, atau dalam hal terjadi sengketa, atau segala bentuk proses hukum antara Pengguna dan Chatat, atau antara Pengguna dan pengguna lain sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan Pengguna.
    5. Informasi Pribadi dapat dialihkan, disimpan, digunakan, dan diproses di suatu yurisdiksi selain Indonesia dimana server-server Chatat berada.
    6. Chatat dapat menghilangkan bagian-bagian tertentu dari Informasi Pribadi yang dapat mengidentifikasikan Pengguna (sehingga Informasi Pribadi tersebut menjadi data anonim) dan mengungkapkan data anonim tersebut tersebut ke pihak ketiga untuk tujuan pengembangan Aplikasi, pengelolaan database, analisa atau peningkatan Layanan. Chatat juga dapat mengkombinasikan Informasi Pribadi dengan informasi-informasi lain sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi ter-asosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga, untuk tujuan-tujuan tersebut di atas.
    7. Chatat tidak menjual atau menyewakan Informasi Pribadi kepada pihak ketiga.
  6. Pembagian Data ke Pihak Ketiga
    1. Chatat tidak akan menjual, menyewakan, atau menyebarkan Data Usaha dan Informasi Pribadi tanpa izin dari Pengguna kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi ini. Chatat hanya akan mengungkapkan Data Usaha dan Informasi Pribadi kepada pihak ketiga atas izin Pengguna atau jika diperlukan untuk mengakomodir kebutuhan penggunaan Aplikasi oleh Pengguna.
    2. Dengan memberikan izin untuk mengungkapkan Data Usaha dan Informasi Pribadi, Pengguna mengizinkan Chatat untuk mengungkapkan dan mengirimkan data tersebut ke pihak ketiga, dan Pengguna membebaskan Chatat atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul dari kegagalan pihak ketiga untuk mengamankan Data Usaha dan Informasi Pribadi. Chatat tidak dapat menjamin keamanan Data Usaha dan Informasi Pribadi pada sistem pihak ketiga dan Chatat tidak memiliki kontrol atau tanggung jawab atas kebijakan privasi atau konten dari aplikasi pihak ketiga. Pengguna memiliki tanggung jawab untuk memeriksa kebijakan privasi dari setiap pihak ketiga, sehingga Pengguna dapat memahami bagaimana mereka akan menangani Data Usaha dan Informasi Pribadi.
    3. Chatat mungkin mengungkapkan Data Usaha dan Informasi Pribadi tanpa persetujuan Pengguna untuk mematuhi perintah pengadilan atau keputusan badan pemerintah yang sah atau peraturan yang berlaku. Kemudian apabila memungkinkan dan diperbolehkan, Chatat akan memberi tahu Pengguna apabila Chatat mengungkapkan Data Usaha dan Informasi Pribadi.
  7. Penggunaan Cookies
    1. Untuk meningkatkan cepat tanggapnya situs-situs untuk Pengguna, Chatat dapat menggunakan Cookies. Cookies tidak dapat digunakan untuk menjalankan program atau mengirim virus ke komputer Pengguna.
    2. Cookies akan mencatat data Pengguna seperti data yang Pengguna simpan ke Aplikasi. Kecuali Pengguna secara sukarela mengidentifikasikan diri Pengguna sendiri (melalui pendaftaran, misalnya), Chatat tidak akan dapat mengetahui siapa Pengguna, bahkan 6apabila Chatat memberikan suatu Cookies untuk komputer Pengguna. Informasi Pribadi yang dapat tersimpan dalam suatu Cookies hanya informasi yang Pengguna berikan. Suatu Cookies tidak dapat membaca data dari hard drive Pengguna. Para pemasang iklan kami juga dapat memberikan Cookies mereka sendiri untuk browser Pengguna (apabila Pengguna mengklik iklan-iklan mereka), suatu proses yang Chatat tidak dapatkendalikan.
    3. Server-server Aplikasi secara otomatis mengumpulkan informasi terbatas mengenai koneksi komputer Pengguna ke internet, termasuk alamat IP Pengguna, saat Pengguna mengunjungi Aplikasi (Alamat IP Pengguna adalah suatu nomor yang memungkinkan komputer-komputer yang terhubung ke internet mengetahui kemana komputer-komputer tersebut mengirimkan Data Usaha – seperti halaman Aplikasi yang dilihat Pengguna). IP address Pengguna tidak mengidentifikasi Pengguna secara pribadi. Chatat menggunakan informasi ini untuk mengirimkan halaman Aplikasi kepada Pengguna sesuai permintaan, untuk menyesuaikan Aplikasi dengan hal-hal yang menarik bagi Pengguna, untuk mengukur lalu lintas di dalam Aplikasi dan memberitahukan para pemasang iklan mengenai lokasi geografis asal dari pengunjung Chatat.
    4. Sebagai tambahan, pihak juga dapat menganalisa data untuk Chatat, seperti Google Analytics. Mereka dapat mengumpulkan Data Usaha yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pribadi tentang aktivitas daring Pengguna saat Pengguna menggunakan atau mengakses Aplikasi.
  8. Kerahasiaan

    Kecuali sebagaimana diatur lain dalam Kebijakan Privasi ini, Chatat akan menjaga kerahasiaan Informasi Pribadi.Chatat tidak akan membagikannya kepada para pihak ketiga, kecuali Chatat meyakini dengan itikad baik bahwa pengungkapan Informasi Pribadi Pengguna atau setiap informasi lainnya yang Chatat kumpulkan mengenai Pengguna dibutuhkan untuk Penggunaan yang Diperbolehkan atau untuk:

    1. Mematuhi putusan pengadilan atau proses hukum lainnya;
    2. Melindungi hak, properti atau keselamatan Chatat;
    3. Memberlakukan Perjanjian, termasuk Syarat dan Ketentuan;
    4. Menanggapi klaim-klaim bahwa terdapat posting atau konten lainnya yang melanggar hak-hak para pihak ketiga; atau
    5. Penggunaan yang Diperbolehkan berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
  9. Keamanan Data
    1. Keamanan data penting bagi Chatat. Chatat mengikuti standar industri yang diterima secara umum untuk melindungi Data Usaha dan Informasi Pribadi yang diserahkan kepada Chatat, baik selama pengiriman maupun setelah Chatat menerimanya. Seluruh informasi yang dikumpulkan di Aplikasi disimpan dengan aman di dalam pusat data terkendali Chatat. Pusat data tersebut disimpan di server-server yang terlindungi di balik Firewall. Dengan Firewall, akses Pengguna ke server-server dilindungi dengan kata kunci dan dengan pembatasan serta pengamanan yang ketat.
    2. Untuk melindungi Data Usaha dan Informasi Pribadi, Chatat menggunakan layanan server yang mengimplementasikan standar internasional sistem manajemen keamanan informasi berdasarkan ISO 27001 sebagai alat untuk mengimplementasikan sistem keamanan terhadap kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data.
    3. Chatat juga selalu berusaha meningkatkan keamanan Data Usaha dan Informasi Pribadi dengan menggunakan teknologi terbaru dan mematuhi peraturan yang berlaku untuk memenuhi harapan pihak terkait, dan untuk memastikan peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Selanjutnya, Chatat menjadikan perlindungan Data Usaha dan Informasi Pribadi sebagai prioritas Chatat dengan menggunakan standar tertinggi untuk mengamankan Data Usaha dan Informasi Pribadi.
    4. Meskipun Chatat mengerahkan upaya terbaik untuk menyimpan Data Usaha dan Informasi Pribadi di lingkungan operasional yang aman yang tidak terbuka untuk publik, Pengguna sebaiknya memahami bahwa tidak ada yang dinamakan dengan keamanan lengkap, dan Chatat tidak menjamin bahwa tidak akan terdapat pengungkapan-pengungkapan Data Usaha dan Informasi Pribadi yang tanpa sengaja. Apabila Chatat mengetahui bahwa Data Usaha dan Informasi Pribadi telah diungkapkan dengan cara yang tidak sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, Chatat akan melakukan upaya yang sewajarnya untuk memberitahukan Pengguna mengenai sifat dan batasan pengungkapan tersebut (sejauh kami mengetahui informasi tersebut) sesegera mungkin dan sebagaimana diizinkan oleh hukum.
  10. Batasan Tanggung Jawab
    1. Batasan tanggung jawab dalam Syarat dan Ketentuan berlaku juga dalam Kebijakan Privasi ini.
    2. Chatat tidak memberikan klaim, janji atau garansi apapun mengenai ketepatan, kelengkapan atau kecukupan konten yang tersedia melalui Aplikasi dan secara tegas menolak tanggung jawab atas kesalahan dan kealpaan dalam konten yang tersedia melalui Aplikasi.
    3. Tidak terdapat jaminan dalam jenis apapun, yang tersirat, tersurat atau sesuai undang-undang, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan-jaminan tidak adanya pemalsuan hak-hak pihak ketiga, hak milik, kelaikdagangan, kesesuaian untuk suatu tujuan tertentu dan kebebasan dari virus komputer, diberikan sehubungan dengan konten yang tersedia melalui Aplikasi atau tautan-tautannya ke sumber daya internet lainnya sebagaimana dapat tersedia bagi Pengguna melalui Aplikasi.
    4. Rujukan dalam Aplikasi kepada setiap produk, proses atau jasa komersil tertentu, atau penggunaan nama dagang, firma atau korporasi apapun adalah sebagai informasi dan kenyamanan publik, dan bukan merupakan endorsement, rekomendasi atau dukungan oleh Chatat.
  11. Pengakuan dan Persetujuan
    1. Dengan menggunakan Aplikasi, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Perjanjian serta setuju terhadap penggunaan, praktek, pemrosesan dan pengalihan Data Usaha dan Informasi Pribadi oleh Chatat sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.
    2. Pengguna juga menyatakan bahwa Chatat memiliki hak untuk membagikan seluruh Data Usaha dan Informasi Pribadi yang telah Pengguna berikan kepada Chatat dan untuk memberikan hak kepada Chatat untuk menggunakan dan membagikan Data 8Usaha dan Informasi Pribadi tersebut kepada ke pihak ketiga untuk tujuan pengembangan Aplikasi, pengelolaan database, analisa atau peningkatan Layanan.
  12. Perubahan terhadap Kebijakan Privasi
  13. Chatat memiliki hak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu sebagai upaya Chatat untuk meningkatkan Layanan bagi Pengguna yang akan berlaku efektif ketika telah diunggah pada Aplikasi. Pembaharuan dan/atau perubahan Kebijakan Privasi dapat mempengaruhi penggunaan Pengguna atas Layanan atau keamanan data Pengguna. Jika diperlukan, Chatat akan melakukan pemberitahuan kepada Pengguna mengenai perubahan yang telah Chatat lakukan, dengan cara dan rentang waktu yang wajar. Namun, Pengguna harus memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk memeriksa perubahan apa pun. Ketika perubahan dibuat, Chatat akan merevisi tanggal yang diperbarui di bagian bawah halaman ini. Apabila Pengguna tetap melanjutkan penggunaan Aplikasi, maka hal tersebut akan dianggap sebagai persetujuan terhadap segala perubahan Kebijakan Privasi.

  14. Cara untuk menghubungi Chatat
  15. Apabila Pengguna ingin mengajukan keluhan tentang Data Usaha dan Informasi Pribadi atau Pengguna memiliki pertanyaan lain mengenai privasi atau keamanan Data Usaha dan Informasi Pribadi silahkan menghubungi Chatat melalui:

    E-mail : cs@chatat.id
    Nomor Layanan Chat : +6287890003203